Pansel Percepat Jadwal Tahapan Seleksi Sekda Kepri

432
Pesona Indonesia
Eko Prasojo. Foto:Yusnadi/Batampos
Eko Prasojo. Foto:Yusnadi/Batampos

batampos.co.id – Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPTM) Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, Eko Prasojo mengatakan Pansel akan mempercepat jadwal tahapan seleksi wawancara akhir terhadap delapan kandidat Sekda Kepri. Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun siap untuk menguji kecakapan masing-masing kandidat.

“Semua kandidat lulus tahapan seleksi Asessmen Centre. Seleksi terakhir nanti adalah wawancara akhir bersama Pansel Sekda Kepri,” ujar Eko Prasojo menjawab pertanyaan koran Batam Pos, kemarin.

Dikatakannya, pada awalnya tahapan akhir tersebut dijadwalkan pada 14-15 September. Akan tetapi, dengan satu pertimbangan tahapan jadwal tersebut dimajukan lebih cepat, yakni pada 13 September. Adapun tempat pelaksanaannya adalah di Lantai 7 Graha Kepri, Batam pada pukul 09.00 WIB sampai selesai. Kemudian hasil akhirnya akan diumumkan pada tanggal 16 September.

“Ada tiga nama-nama pengoleksi hasil terbaik yang akan diserahkan kepada Gubernur. Proses selanjutny adalah menjadi kewenangan dari Pemprov Kepri,” jelas Eko.

Ditempat terpisah, Anggota Pansel Sekda Kepri, Zamzami mengatakan tahapan wawancara akhir nanti masing-masing Anggota Pansel akan melakukan panel terhadap kandidat. Masih kata Zamzami, apabila tidak ada halangan semua Anggota Pansel akan hadir. Menurutnya, tahapan tersebut seperti panel. Tujuannya untuk mencari figur-figur yang kompeten.

“Masing-masing kandidat akan dipanelkan dengan tujuh Anggota Pansel. Tugas kami kan mencari yang terbaik diantara yang baik,” ujar Akademisi Stisipol Tanjungpinang tersebut.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengaku siap untuk ikut menguji para kandidat pada tahapan seleksi itu nanti. Karena dirinya juga ingin mengetahui kecakapan masing-masing kandidat.

“Insya Allah akan ikut menguji. Sehingga bisa melihat kemampuan masing-masing calon. Apalagi Sekda merupakan partner kerja saya nanti,” ujar Nurdin singkat usai meresmikan Kantor DPD NasDem Tanjungpinang, Kamis (8/9) di Kompel Pertokoan Metro Kepri, Batu 8 Tanjungpinang.

Seperti diketahui, pemberitahuan kelulusan peserta tertuang dalam surat pengumuman Nomor 04Pansel-JPTM/KEPRI/2016 tentang hasil seleksi penulisan makalah calon pimpinan tinggi madya Sekda Kepri. Adapun daftar pelamar yang lulus seleksi Asessmen Centre sesuai abjad adalah, Edy Sofyan, Muhammad Hasbi, Naharuddin, Raja Ariza, Reni Yusneli, Syamsuardi, Syamsul Bahrum, T.S. Arif Fadillah.

Nurdin Basirun sudah menggandeng sejumlah figur yang profesional dalam mencari figur yang kompeten untuk menduduki posisi Sekda Kepri. Mereka adalah Adi Suryanto dari Lembaga Administrasi Negara, Soni Sumarsono, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri. Selain itu ada juga nama Burhan Bungin, dan Sukriyanto yang merupakan akademisi dari Universitas 17 Agustus, Surabaya.

Selain itu adalah Mantan Wakil Menpan, Eko Prasojo, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), Abdul Malik, dan Akademisi STISIPOL Tanjungpinang, Zamzami A Karim. Nama-nama tersebut diatas akan terlibat langsung melakukan pengujian pada seleksi akhir yang akan dijalani masing-masing kandidat.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar