Sabtu Jadi Hari Libur Sekolah Secara Nasional

6988
Pesona Indonesia
Sejumlah siswa SMA sedang menunggu angkutan umum sepulang sekolah di Tanjungpinang. Jelang UN, jam malam bagi siswa kelas tiga mulai diperketat. foto:yusnadi/batampos
Sejumlah siswa SMA sedang menunggu angkutan umum sepulang sekolah di Tanjungpinang. Jelang UN, jam malam bagi siswa kelas tiga mulai diperketat. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id -Sejumlah sekolah swasta di Indonesia yang telah menerapkan sistem belajar penuh seharian (full day) memberlakukan libur sekolah dua kali dalam satu pekan. Yakni, Sabtu dan Minggu.

Nah, metode ini akan diterapkan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pemerintah bakal menetapkan Sabtu sebagai libur sekolah nasional.

Selama ini sudah banyak pemerintah daerah (pemda) yang menetapkan lama bersekolah Senin-Jumat. Tetapi, masih ada pemda yang menetapkan durasi sekolahnya mulai Senin sampai Sabtu

Bahkan, ada pemda yang menetapkan setiap Sabtu siswa masuk ke sekolah. Namun, diisi kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat siswa.

Mendikbud Muhadjir Effendy menuturkan, keputusan Sabtu sebagai hari libur pendidikan nasional segera dikeluarkan. Dengan keputusan itu, seluruh daerah bakal kompak meliburkan siswa setiap Sabtu dan Minggu.

“Saat ini masih finalisasi. Kami kaji aspek hukumnya,” kata Muhadjir setelah menjadi pembicara kunci dialog pendidikan di kantor Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kamis (8/9/2016).

Menurut dia, keputusan menjadikan Sabtu sebagai hari libur sekolah nasional juga menunggu restu presiden.

Dengan ditetapkannya Sabtu sebagai hari libur nasional, lanjut dia, ada konsekuensi penambahan jam pada Senin-Jumat. Beban belajar anak-anak pun tidak tereduksi.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler dan mengasah minat serta bakat di tempatkan sepanjang Senin sampai Jumat.

Menurut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu, banyak sekali manfaatnya bila Sabtu ditetapkan sebagai hari libur sekolah nasional. Di antaranya, anak-anak jadi memiliki waktu yang lebih dengan keluarganya. Kemudian, keluarga memiliki banyak waktu untuk berekreasi atau wisata.

“Faktor wisata keluarga ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Muhadjir belum bisa memastikan kapan regulasi Sabtu sebagai libur sekolah nasional itu keluar. Momentum paling pas menerapkan kebijakan itu adalah awal tahun pelajaran baru 2017-2018 pertengahan tahun depan. (wan/c10/oki) 

Respon Anda?

komentar