Setiap Kada yang Pernah Menjabat 2 Periode Bisa Nyalon Lagi, Asalkan…

575
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Kepala daerah (kada) yang pernah menjabat dua periode sudah bisa mencalonkan lagi. Itu terjadi setelah aturan larangan sebagaimana diatur Peraturan (PKPU) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pilkada dihapus.

Sekarang dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pencalonan Pilkada, setiap kada yang sudah menjabat 2 periode boleh maju Pilkada yang setingkat, asalkan di daerah lain.

Hanya saja dalam aturan sekarang itu disyaratkan, status pencalonan hanya boleh sebagai wakil kepala daerah, bukan sebagai kepala daerah.

‘’Misalnya dulunya orang itu menjabat bupati kabupaten A. Dia masih bisa maju sebagai wakil bupati di Kabupaten B,’’ ujar Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, SP, M.Si seperti diberitakan Rakyat Bengkulu (Jawa Pos Group), hari ini (9/9).

Dua periode dimaksud, juga tidak harus berturut. Sekalipun pernah berkelang, sepanjang masih di daerah yang sama dengan hitungan sudah 2 kali menjabat tetap tidak boleh maju lagi sebagai kepala daerah.

Sedangkan untuk aturan kepala daerah yang sudah menjabat 2 periode dan maju Pilkada setingkat di atasnya, tidak mengalami perubahan.

‘’ Yakni bagi para bupati atau walikota yang sudah dua kali menjabat dan ingin maju sebagai gubernur,’’ terang Eko.

Begitu juga bagi wakil kepala daerah yang ingin maju sebagai kepala daerah setingkat maupun setingkat di atasnya, tetap dibolehkan. Baik di daerah yang sama maupun di daerah berbeda.

Berkaitan dengan Pilbup Benteng 2017 dan Pilwakot Bengkulu 2018, Eko pastikan para mantan bupati daerah lain yang sudah dua kali menjabat, bisa mencalon sebagai wakil dalam Pilbup maupun Pilwakot. (jpg)

Respon Anda?

komentar