Wali Kota Batam Minta Imigran Ditarik ke Pusat

426
Pesona Indonesia
Para imigran pencari suaka saat ditampung di Hotel Kolekta, Baloi. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Para imigran pencari suaka saat ditampung di Hotel Kolekta, Baloi. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tak ingin mengeluarkan kebijakan apapun terkait kondisi para imigran di Batam. Ia memilih lebih baik menunggu arahan dari pemerintah pusat yakni Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) .

“Sudah kita kirim surat ke pak Menkopolhukan, kita tunggu apa arahannya,” kata Rudi di kantor Walikota Batam, Kamis (8/9/2016).

Rudi juga enggan memberikan lokasi yang lebih layak untuk para imigran. Dengan alasan takut membuat nyaman dan jumlah imigran yang datang ke Batam semakin banyak.

“Kalau kita tempatkan di suatu tempat, nanti mereka (pencari suaka) beranggapan kita menerima mereka,” ujarnya.

Namun secara pribadi, Rudi berharap agar seluruh pencari suaka di Batam ditarik ke pusat, agar keberadaan mereka terawasi. Sebab keberadaan mereka dinilai sudah menimbulkan keresahan dan permasalahan baru di Kota Batam. Bahkan dikhawatirkan akan terjadi tindak kriminal karena dampak sosial.

“Mereka hidup, butuh makan kalau tak ada yang ngasih bagaimana. Ini jadi masalah. Kita minta ke Pak Menko (Menkopolhukam) menarik mereka balik ke Jakarta,” harap Rudi. (she)

Respon Anda?

komentar