Mensos Buka e-warong Pertama di Batam

682
Pesona Indonesia
20160801antarafoto-peluncuran-e2-wa
ilustrasi f. antara

batampos.co.id – Demi menghindari penyelewengan penggunaan dana Bantuan Sosial, Kementrian Sosial membuka 74 e-warong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE-PKH) di Kabupaten/ kota yang ada di Indonesia.

Salah satu kota yang beruntung menjadi percontohan adalah Kota Batam.

Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam, Raja Kamarulzaman mengatakan e-warong atau warung nontunai merupakan program dari pemerintah untuk mereka penerima bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

Layanan e-warong KUBE PKH yang dinaungi oleh Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) akan didukung oleh perangkat dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Nantinya, sebanyak 3.200 penerima PKH akan menerima bantuan yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing. Penerima bisa membelanjakan saldo yang ada pada kartu yang dirancang sebagai ATM dengan kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako).

“Untuk besar bantuan, langsung dari Kemensos, kita hanya pendataan PKH saja,” ujarnya.

Pembukaan e-warong pertama di Batam ini langsung dibuka oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Kelurahan Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk, Sabtu (10/9).

Dia berharap dengan adanya e-warong akan memberikan kemudahan bagi penerima, seperti tidak membuat antre saat pencairan, juga terhindar dari pemotongan yang biasa saja dilakukan oleh oknum tertentu.

“Tujuannya memudahkan,” sebut mantan camat Sekupang ini.

Dia menambahkan kedepannya, pemerintah melalui Kemensos akan membangun satu e-warong di setiap kelurahan yang ada di Batam.

“Kita rencanakan akan ada 64 e-warong yang akan beroperasi kedepannya,” tukasnya.(cr17/koran)

Respon Anda?

komentar