Mesin PLTD Carok Kembali Beroperasi, Pemadaman Berakhir

292
Pesona Indonesia
Para pekerja PLN ketika melakukan pemasangan orderdil mesin Allen yang mengalami kerusakan beberapa waktu lalu. foto:dokPLN Rayon Tanjungbalai Karimun
Para pekerja PLN ketika melakukan pemasangan orderdil mesin Allen yang mengalami kerusakan beberapa waktu lalu. foto:dokPLN Rayon Tanjungbalai Karimun

batampos.co.id – Pemadaman bergilir yang dilakukan PT PLN (Persero) Rayon Tanjungbalai Karimun selama 10 hari belakangan, berakhir sudah. Menyusul dua unit mesin PLTD Bukit Carok yang mengalami kerusakan, sudah beroperasi kembali, Jumat (9/9) kemarin.

“Benar, kedua mesin yang rusak sudah beroperasi semula. Sehingga, defisit daya 3 megawatt teratasi. Malahan, dengan kembalinya dua unit mesin tadi, mengalami surplus daya 1,1 megawatt,” ungkap Manager PT PLN (Persero) Rayon Tanjungbalai Karimun Fauzar Zain.

Meski listrik sudah kembali normal, Fauzar tetap mengimbau kepada pelanggan PLN untuk berhemat energi. Fauzar mengaku bersyukur karena perbaikan mesin PLTD yang mengalami kerusakan tidak memakan waktu begitu lama.

“Sebenarnya, kita masih menjadwalkan pemadaman secara bergiliran. Tapi Alhamdulillah, didukung cuaca yang tidak panas sehingga pemadaman dapat diminimalisir ke pelanggan besar saja,” ujarnya.

Adapun dua unit mesin PLTD yang terjadi kerusakan, pertama mesin MAK tube injection dan exhauts cylinder head, kemudian kedua Allen pada liner dan cylinder head. Sehingga, harus mengambil komponen keluar daerah yang membutuhkan waktu beberapa hari.

“Jadi total keseluruhan daya listrik 25 Megawatt, ketika beban puncak 23,9 Megawat tergantung kondisi cuaca,” ucapnya.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar