PDIP Deadlock, Demokrat Misteri

608
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Siapa calon yang akan diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Pringsewu, tampaknya, semakin alot. Meski telah mengerucut pada Ardian Saputra dan Febrina Tantina, hasil pemanggilan keduanya di DPP kemarin berakhir dengan kebuntuan (deadlock).

Kemarin, DPP sudah memanggil kedua kalinya Ardian dan Febrina. Namun, SK rekomendasi belum turun lantaran Ardian dan Febrina tidak mau disandingkan. Keduanya memiliki ambisi yang sama, yakni ingin mencalonkan diri sebagai bupati, bukan wakil bupati Pringsewu.

Ketua Bappilu PDIP Lampung Suhardi Buyung mengatakan, telah memenuhi undangan DPP untuk kedua kalinya dengan mengajak Ardian dan Febrina. Seperti kedatangan pertama, kedatangan mereka untuk kedua kalinya ini menghadap Ketua DPP Bidang Organisasi dan Kaderisasi Idham Samawi.

Daalam pertemuan itu, kata Buyung, rencananya DPP akan menyandingkan Ardian dan Febrina untuk diusung dalam Pilkada Pringsewu. Namun, rencana itu gagal karena keduanya sama-sama tidak mau berpasangan.

“Tadi kan (kemarin, Red) DPP panggil mereka berdua, siapa tahu masih bisa dipasangkan. Tapi dua-duanya mau nomor satu,” kata Buyung seoerti diberitakan Radar Lampung (Jawa Pos Group) hari ini (10/9).

Seandainya, kata Buyung, Ardian dan Febrina mau disandingkan, SK rekomendasi DPP untuk Pilkada Pringsewu bisa langsung dibawa pulang ke Lampung. Meski demikian, Buyung menyerahkan semua keputusan ditangan DPP untuk siapa yang akan diusung. Dia hanya bisa memsatikan DPD dan DPC PDIP Lampung siap memangkan semua calon yang direkomendasikan DPP.

“Jadi akhirnya ambil keputusan DPP yang memutuskan untuk keluarkan rekomedasi. Siapa yang akan keluar direkomendasikan antara dua orang itu, PDIP Lampung akan berjuang memenangkanya dalam Pilkada Pringsewu. Tapi tetap dimungkinkan rekomendasi keluar minggu ini,” tandasnya.

Hal yang sama juga terjadi untuk rekomendasi Mesuji dan Tulangbawang. Hingga kemarin, kata Buyung, SK rekomendasi DPP belum terbit juga untuk calon yang akan diusung PDIP di kabupaten tersebut. Di Tuba sejauh ini menguat antara ketua DPC PDIP Tuba Winarti dan petahanan bupati Hanan A. Rozak. Sedangkan di Mesuji antara petahanan wabup Ismail Ishak dan petahanan bupati Khamami. “Mesuji dan Tuba, mudah-mudahan juga bisa keluar semua dalam minggu ini,” tandasnya.

Pada bagian lain, rekomendasi Partai Demokrat hingga kemarin juga masih menyisakan misteri. Padahal, pendaftaran calon ke KPU kurang dari dua pekan lagi, namun DPP Partai berlambang Mercy itu belum juga menerbitkan surat rekomendasi untuk lima Pilkada 2017.

Sekretaris DPD PD Lampung Fajrun Najah Ahmad mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan DPP untuk langkah Partai Demokrat dalam Pilkada serentak Februari 2017 mendatang. “Kami masih menunggu petunjuk DPP soal rekomendasi untuk pilkada lima kabupaten. Nanti ketua DPD PD Lampung (Ridho Ficcardo, Red) yang akan langsung mengumumkan rekomendasinya,” kata Fajar—sapaan akrabnya, kemarin.

Menurutnya, belum keluarnya satu pun rekomendasi dikarenakan DPP sangat berhati-hati dalam menentukan calon yang akan diusung dalam Pilkada. Bila tidak ada perubahan rencana, rekomendasi DPP untuk Pilkada lima kabupaten akan terbit pekan depan.

“Tidak ada kendala apa-apa bagi DPP soal rekomendasi, Cuma DPP memang selektif dalam mempertimbangkan berbagai hal sebelum mengeluarkan rekomendasi. Insya Allah awal minggu depan sudah di kantong ketua DPD siapa saja yang direkomendasikan,” terangnya.

Sementara itu, bakal calon bupati dikabarkan juga sudah menemui Ridho. Salah satunya petahana Bupati Pringsewu Sujadi. Menanggapi ini, Fajar tidak membantah bila ada pertemuan Ketua DPD PD Lampung Ridho Ficcardo dengan Bupati Sujadi pada Selasa malam (7/9). Namun, dia menyatakan pertemuan itu lebih terkait dengan urusan pemerintahan.

Menurutnya, wajar saja bila seorang Gubernur bisa kapan saja bertemu dengan para Bupati ataupun pejabat lainya di lingkungan Pemprov Lampung. “Jadi (pertemuan) itu ya biasa saja, tidak ada yang spesial. Ya bisa juga bicarakan soal Pilkada, tapi bukan hal tersebut yang menjadi prioritas pertemuan,” tandasnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar