Puluhan Nelayan Demo DPRD, Tuntut Kembalikan Terumbu Karang

344
Pesona Indonesia
Demo Nelayan
Demo Nelayan

batampos.co.id – Puluhan massa dari Forum Masyarakat Peduli Nelayan Pulau Kasu, menggeruduk gedung DPRD Batam, Jumat (9/9).

Mereka resah dengan aktifitas pendalaman alur laut yang dilakukan PT Pertamina di Pulau Sambu.

Dalam orasinya, massa membawa spanduk yang bertuliskan kembalikan terumbu karang, dan hak-hak nelayan Pulau Kasu. Mereka juga menganggap DPRD Batam, selaku wakil rakyat, tidak berpihak kepada para nelayan.

“Padahal kami sampaikan sejak 21 juni 2016, namun tak ditanggapi,” ujar Askarmin, salah seorang pendemo.

Ia menilai, DPRD lebih berpihak kepada PT Pertamina yang melakukan pengerukan alur laut, yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup biota laut sehingga mengakibatkan tangkapan ikan nelayan terus menurun.

Menanggapi unjuk rasa tersebut, Werton Panggabean anggota Komisi III DPRD Batam menyambut warga nelayan Pulau Kasu. Ia mengajak warga untuk membicarakan masalah ini dengan anggota komisi III lain di ruangannya.

“Sejauh ini, kita belum tahu apa dampak dari aktifitas itu. Kita akan pelajari,” ujar Werton.

Menurutnya, permasalahan ini akan dibawa dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), pada 16 September ini. Komisi III akan memanggil pihak terkait, seperti Pertamina, Bapedal, camat, lurah, untuk mencari kebenarannya.

“Apa saja kerusakannya kita belum tahu. Makanya harus ada hearing. Supaya jelas akar masalahnya,” beber politisi Gerakan Indonsia Raya (Gerindra) tersebut. (rng/koran)

Respon Anda?

komentar