Berbahaya, Daging Kurban Jangan Dibungkus Pakai Kantong Plastik

354
Pesona Indonesia
plastik. Foto: istimewa
plastik. Foto: istimewa

batampos.co.id – Ini imbauan buat masyarakat yang sebentar lagi akan mendapatkan banyak daging dari umat Islam yang menggelar Kurban sapi maupun kambing. Jangan memasukkan daging dalam kantong plastik karena mengandung zat berbahaya bagi kesehatan.

“Saya meminta masyarakat menolak, jika membeli pangan (makan/minum) yang dikemas secara langsung menggunakan kantong kresek berwarna, terutama warna hitam,” kata Kepala BPOM Pontianak Qory Panjaitan dikutip Rakyat Kalbar (grup batampos.co.id).

Qory juga meminta panitia kurban pada perayaan Idul Adha, tidak membungkus daging sapi maupun kambing secara langsung menggunakan kantong kresek. Sebenarnya sudah ada publikasi BPOM berkaitan dengan Idul Adha ini.

“Setidaknya menggunakan wadah lain, kemudian dibungkus menggunakan plastik kresek, itu tidak apa-apa,” ungkap Qory.

Larangan tersebut mengacu pada hasil pengawasan BPOM. Khusus kantong kresek berwarna, terutama hitam kebanyakan merupakan produk daur ulang. Riwayat penggunaan sebelumnya diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat dan lainnya.

“Jadi jangan menggunakan kantong plastik kresek daur ulang tersebut untuk mewadahi langsung makanan siap santap,” tegas Qory.

“Makanan yang dibeli jangan bersentuhan langsung dengan kantong kresek (hitam dan lainnya). Kecuali makanan itu dilapis dulu dengan kantong transparan (kantong es). Kemudian dimasukan ke dalam plastik kresek hitam, itu tidak apa-apa. Karena tidak bersentuhan langsung,” sambung Qory.

Mengenai pabrik plastik, khususnya di Kalbar, ditegaskan Qory, tidak ada masalah. Namun akan menjadi masalah, jika pangan (makanan/minuman) dibungkus atau bersentuhan secara langsung.

“Saya meminta pelaku usaha pangan memperhatikan hal ini. Demi kebaikan dan kesehatan masyarakat atau konsumen. Khusunya yang berjualan pangan, jangan sekali-kali membungkus langsung pangan yang dijual menggunakan kantong kresek,” ungkapnya.

Kantong kresek hitam bisa saja mengandung logam berat. “Memang tidak berdampak langsung. Tetapi ini berdampak di kemudian hari. Karena bisa menyebabkan penyakit autis. Misalkan saja ibu-ibu yang sedang hamil harus mewaspadainya,” bebernya. (rk/yuz/JPG)

Respon Anda?

komentar