Demokrat Usung Petahana, PKS Tinggal Tunggu Restu DPP

373
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Wali Kota Pekanbaru Firdaus dipastikan mendapatkan rekomendasi Partai Demokrat untuk maju pada pemilihan Wali Kota Pekanbaru 2017 nanti dengan kembali berpasangan bersama Ayat Cahyadi SSi.

Meski Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum mengeluarkan rekomendasi, ia yakin duet mereka dapat terjadi lagi.

Rekomendasi Firdaus berpasangan dengan Ayat secara resmi akan dijemput ke DPP Demokrat Selasa (13/9) nanti. Di lain pihak, DPW PKS Riau sebagai partai tempat Ayat Cahyadi bernaung sudah menyetor tiga pasang nama ke DPP sebagai bakal calon Wali Kota, Wakil Wali Kota yang diusung.

Meski juga mengirimkan nama Firdaus-Ayat, DPW PKS Riau juga mengirimkan nama pasangan Ayat Cahyadi-Irvan Herman dan Ayat Cahyadi-Zulfan Hafis sebagai balon juga. Nanti, apapun keputusan DPP, DPW PKS Riau patuh.

Firdaus saat diwawancarai akhir pekan lalu mengenai kemungkinan jika ternyata balon lain yang direkomendasikan DPP PKS dan bukan dirinya dengan Ayat hanya tersenyum. Ia menyerahkan sepenuhnya pilihan pada PKS namun juga meyakini dirinya dengan Ayat memiliki potensi besar untuk didukung.

”Kalau sudah di Demokrat sudah ada namanya, kan tidak mungkin di partai mereka tidak ada namanya,” jawabnya diplomatis terkait peluang dirinya bersama Ayat juga direstui PKS seperti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group) hari ini (12/9).

Terpisah, Ayat Cahyadi yang saat ini sedang berada di tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji belum mau berkomentar terkait sudah keluarnya rekomendasi ia kembali diusung Demokrat untuk menjadi wakil Firdaus. Ia menyerahkan urusan pencalonan pada DPW PKS Riau.”Silahkan langsung pada Ketua DPW,” ujarnya melalui pesan Whatsup.

Sebelumnya, Plt Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Riau Drs H Achmad MSi menyebut, Partai Demokrat sampai saat ini sudah menemui kesepahaman dnegan dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai lain yang disebut akan juga bergabung adalah Partai Gerindra.”Tahapan selanjutnya konsolidasi seluruh jajaran partai serta menentukan jadwal-jadwal kampanye, yang jelas kader harus mendukung,” tegas mantan Bupati Rokan Hulu ini.

Alasan pasangan Firdaus-Ayat diusung kembali oleh Partai Demokrat sebut Achmad karena dari hasil survey, pasangan ini yang memiliki potensi menang cukup besar.”Peluang menang insyaallah besar, mudah-mudahan dengan pengalaman yang ada potensi menang, untuk deklarsi resmi belum ada nanti kita koordinasikan DPC, PKS dan partai yang koalisi dengan kita,” tutupnya.

Dengan dipastikan akan diusung Partai Demokrat, Firdaus mengungguli beberapa nama lain yang sebelumnya ikut penjaringan. Mereka yang sebelumnya mendaftar untuk diusung adalah Ir H Noviwaldy Djusman yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Dr Dwi Agus Sumarno yang kini adalah Kepala Dinas Cipta Karya Provinsi Riau, Said Usman Abdullah Angota DPRD Kota Pekanbaru tiga periode, serta terakhir adalah Sahril Abu Bakar dan HR Faisal.

Sementara itu, meski kadernya sudah dipastikan akan diusung Partai Demokrat bersam Firdaus, DPW PKS Provinsi Riau kini memilih menunggu keputusan DPP PKS. Selain pasangan Firdaus-Ayat, DPW PKS Riau juga mengusulkan nama pasangan Ayat Cahyadi-Irvan Herman dan Ayat Cahyadi-Zulfan Hafiz.

”Kita sudah mengusulkan juga ke DPP. Saat ini posisinya masih menunggu keputusan DPP. Di PKS kita sudah jalankan mekanisme. pertama lewat DPD, DPW dan DPP. Insyaallah dalam waktu dekat ini ada keputusan dari DPP,” kata Ketua DPW PKS Provinsi Riau Hendry Munif.(jpg)

Respon Anda?

komentar