Pemekaran Kecamatan di Anambas Segera Diproses

524
Pesona Indonesia
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.

batampos.co.id – Permintaan lima desa di Kecamatan Palmatak untuk membentuk satu kecamatan baru yakni Kecamatan Kute Siantan, sudah direspon oleh pemerintah daerah. Kelima desa tersebut yakni Payalaman, Payamara, Matak, Teluk Siantan dan Desa Batu Ampar

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris, mengatakan, pihaknya akan segera memproses pemekaran Kecamatan Kute Siantan tersebut sesuai dengan permintaan masyarakat. Namun pihaknya masih mempelajari pemekaran tersebut, sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku.

“Kami masih pelajari payung hukumnya. Insya Allah akan dimekarkan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Juga mengingat rentang kendali daerah kita yang kepulauan ini,” ujar Haris, Jumat(9/9).

Dia juga optimis, meski kondisi keuangan daerah yang saat ini lagi defisit tidak akan menghambat pemekaran Kecamatan Kute Siantan. “Kalau masalah anggaran, bisa kita cari solusinya. Kita sama-sama menjolok anggaran dari Pemerintah Pusat,” jelasnya yang senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati, Wan Zuhendra.

Sementara, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Firman Edy mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat kerja bersama Pemerintah Daerah terkait pemekaran Kecamatan Kute Siantan tersebut. Pihaknya juga menyarankan, agar Pemerintah Daerah segera merespon aspirasi masyarakat tersebut.

“Ketika rapat bersama dengan Pemerintah Daerah dengan Komisi I, kami setuju pemekaran Kecamatan Kute Siantan itu. Dengan alasan, agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Politisi Partai Bulan Bintang itu menguraikan, pihaknya juga menyarankan pemerintah untuk merespon pemekaran Kecamatan Jemaja Barat dan Kecamatan Siantan Utara.

“Yang paling utama tujuan pemekaran itu yakni untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sejauh ini, kami menerima 3 usulan pemekaran kecamatan, yakni Kecamatan Jemaja Barat, Kecamatan Siantan Utara dan yang menjadi prioritas saat ini Pemekaran Kecamatan Kute Siantan. Kalau masalah dukungan desa, semua sudah memenuhi syarat,” terangnya.

Diketahui jika pemekaran tiga kecamatan semuanya berjalan lancar tanpa hambatan, maka jumlah kecamatan di Anambas akan bertambah dari tujuh kecamatan menjadi sepuluh kecamatan.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar