Polda Riau Jangan Sembunyikan Dokumen SP3

353
Pesona Indonesia
Foto ilustrasi: dokumen JPNN.Com
Foto ilustrasi: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id – Rencana beberapa lembaga untuk melakukan pra peradilan terhadap putusan Polda Riau yang menerbitkan SP3 terhadap 15 perusahaan diduga pembakar lahan hingga saat ini masih terganjal. Pasalnya hingga saat ini, salah satu lembaga yang akan melakukan pra peradilan yakni WALHI belum juga mendapatkan dokumen tersebut dari Polda Riau.

Deputi Direktur Walhi Riau, Even Sembiring mengatakan, pihaknya akan mengirimkan surat ke Polda Riau guna meminta dokumen SP3 tersebut. Selain itu, pihaknya telah menyiapkan bukti-bukti untuk melakukan pra peradilan namun belum bisa diungkapkan karena menunggu dokumen SP3.

“Kami sudah punya bukti-bukti, namun belum bisa kami paparkan karena masih menunggu dokumen SP3. Karena kalau kami paparkan sekarang buktinya, tentunya akan bocor,” kata Even seperti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group) hari ini (12/9).

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi A DPRD Riau Sugianto mengatakan, saat ini sudah ada UU keterbukaan informasi publik sehingga Polda Riau tidak ada alasan untuk menutupi dokumen SP3 tersebut.

“Kalau Polda Riau yakin dengan SP3 yang mereka keluarkan, ya sudah buka saja dokumen tersebut. Sehingga masyarakat bisa melakukan pra peradilan, sehingga tidak menimbulkan persepsi yang negatif bagi mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan politisi PKB tersebut, jika Polda Riau masih-masih terkesan menutupi dokumen tersebut, maka pastinya akan menimbulkan tanda tanya besar ditengah masyarakat. Untuk itu, ia menyarankan kepada pihak Polda untuk tidak menutup-nutupi dokumen tersebut.

“Paparkan saja alasan penerbitan SP3 itu, kenapa harus ditutupi. Karena itulah dasar masyarakat dapat melakukan pra peradilan sehingga kasus ini bisa terang benderang,” pintanya. (jpg)

Respon Anda?

komentar