Presiden Jokowi Akui Masih Ada Gizi Buruk

474
Pesona Indonesia
Ilustrasi gizi buruk. Foto: istimewa/tempo
Ilustrasi gizi buruk. Foto: istimewa/tempo

batampos.co.id – Gizi Buruk masih menjadi problem d sejumlah darah. Hal itu diakui Presiden Jok Widodo saat kunjungan kerja ke Kabupaten Lebak dan Kota Serang, Banten, kemarin (11/9). Karena itu, kunjungan kemarin difokuskan untuk pemberian makanan tambahan (PMT) kepada para ibu hamil, menyusui, dan para balita serta anak-anak di kedua daerah tersebut.

Di Lebak, PMT    diberikan kepada 60 ibu hamil, 65 balita, 11 anak penderita gizi buruk, dan 76 siswa sekolah dasar yang berlokasi di Puskesmas Warunggunung. Masing-masing mendapat biskuit PMT plus sembako. Begitu pula di Serang, sejumlah ibu dan balita juga mendapatkan PMT.

’’Di semua tempat kita harus ngomong apa adanya, masih ada (penderita gizi buruk),’’ ujar Jokowi saat disinggung mengenai masih adanya balita dnegan gizi buruk. Karena itu, program PMT dilakukan sejak para ibu mulai hamil. Mereka juga diedukasi mengenai pemenuhan gizi.

Mereka diminta untuk memperbanyak konsumsi sayuran demi anak yang dikandungnya. Sayuran memiliki gizi yang berlimpah sehingga bisa menjadi modal awal untuk mencerdaskan anak sejak dalam kandungan.

Sedangkan, bagi para orang tua dari anak balita maupun siswa SD, diberi edukasi mengenai sumber-sumber protein. Program tersebut sudah dimulai di Nias, dan nantinya akan dilanjutkan ke Situbondo, Jatim. ’’Ini penting untuk investasi masa depan anak-anak kita,’’ lanjut mantan Wali Kota Solo itu.

Para ibu dan anak-anak diminta untuk mengonsumsi PMT seuai aturan yang tertera di kemasan. Jangan sampai kurang ataupun berlebihan. ’’Kalau kebanyakan terlalu gemuk, anak terlalu gemuk tidak baik. Tapi juga harus terus dimakan, jangan ada yang kurus banget,’’ tutur Jokowi.

Presiden menjanjikan pemerintah akan terus berupaya mengurangi kejadian gizi buruk di berbagai daerah.  Dalam beberapa pekan ke depan, program pemberian makanan tambahan bakal digulirkan di berbagai daerah. Pemerintah juga mengupayakan alternatif sumber protein yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk memenuhi gizi anak-anak.

Kunjungan di Lebak dan Serang bakal diakhiri usai salat Idul Adha pagi ini. Tahun ini, Jokowi memilih untuk merayakan Idul Adha di Serang. Usai salat Id, Presiden bakal kembali ke Jakarta. (byu/jpg)

Respon Anda?

komentar