Senin, 113 ABK Asal Vietnam Dipulangkan via Natuna

518
Pesona Indonesia

psdkp-anambasbatampos.co.id – 113 Anak Buah Kapal (ABK) non yuridis asal Vietnam akan dipulangkan ke negaranya. Semua ABK tersebut akan diangkut dari Anambas menggunakan dua kapal pengawas perikanan yakni Orca 2 dan Orca 4 pada hari ini Senin (12/9) sekira pukul 09.00 WIB.

Diperkirakan dua kapal pengangkut ABK kapal asing tersebut akan tiba di Pelabuhan Teluk Lampa Natuna pada keesokan harinya Selasa (13/9). Setelah sampai di pelabuhan dijadwalkan semua ABK akan diantar ke tengah laut yang sudah ditentukan.

“Sebelum diantar ke titik temu yang ada di tengah laut, ada acaranya lebih dulu karena Menteri Luar Negeri asal Vietnam juga datang ke Natuna,” ungkap Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Antang Muchammad Erwin, kepada wartawan minggu (11/9).

Erwin, menjelaskan, pemulangan tersebut merupakan hasil keputusan pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan kedutaan besar negara Vietnam beserta Kementerian Puar Negeri Vietnam beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan kerjasama dengan kedutaan besar Negara Vietnam, jadi yang kita pulangkan itu hanya warga negara Vietnam saja, tidak ada warga negara lainnya,” ungkapnya.

Bukan hanya warga negara Vietnam yang di Anambas saja yang dipulangkan tapi yang ditahan di Batam juga dipulangkan melalui Natun a. ABK Vietnam dari Batam diangkut dengan kapal Orca 1 yang berangkat bersamaan pada Senin (12/9) sekira pukul 09.00 WIB.

“Dua kapal dari Anambas dan satu Kapal dari Batam sama-sama tiba di Natuna pada hariSelasa (13/9),” ungkapnya lagi.

Disinggung kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, yang dikabarkan akan ke Anambas, Erwin mengatakan bahwasanya Susi tidak akan datang ke Anambas. Susi hanya datang ke Natuna menghadiri acara pemulangan ABK asing itu.

“Bu Susi tidak jadi ke Anambas, beliau hanya ke Natuna saja untuk menghadiri pelepasan pemulangan ABK Vietnam. Setelah itu kembali lagi ke Jakarta,” tandasnya. (sya)

Respon Anda?

komentar