Hewan Kurban di Anambas Meningkat

317
Pesona Indonesia
ilustrasi sapi kurban. Foto: istimewa
ilustrasi sapi kurban. Foto: istimewa

batampos.co.id – Jumlah hewan kurban yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas pada hari raya Idul Adha tahun ini adalah sebanyak 120 ekor sapi dan dua ekor kambing. Pemotongan hewan kurban terbanyak ada di Kecamatan Siantan dengan 53 ekor sapi dan satu kambing.

Jumlah terbanyak kedua yakni di Kecamatan Palmatak dengan 32 ekor sapi. Kemudian Jemaja dengan 18 ekor sapi, Siantan Selatan 8 ekor sapi, Jemaja Timur 6 ekor sapi, Siantan Tengah 4 sapi dan Siantan Timur satu sapi ditambah satu kambing.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Anambas, Adam Nur, mengatakan, jumlah tersebut sedikit mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun lalu yakni sebanyak 113 ekor hewan qurban yang terdiri 112 ekor lembu dan satu ekor kambing. Kecamatan Siantan yang paling banyak menyembelih hewan kurban yakni 39 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Terbanyak kedua Kecamatan Palmatak dengan 33 ekor sapi dan Kecamatan Jemaja dengan 19 ekor sapi.

“Sementara itu empat kecamatan lainnya yakni Siantan Tengah 10 ekor sapi, Siantan Selatan 8 ekor sapi, Jemaja Timur 3 ekor sapi dan kecamatan Siantan Timur hanya ada satu ekor sapi saja,” ungkapnya kepada wartawan Senin (12/9) pagi.

Adam, mengatakan untuk tahun ini, hewan kurban dari pemda tidak ada. Meskipun susah untuk teridentifikasi. Pasalnya tidak melalui satu pintu yakni bagian Kesra. Biasanya, kata Adam, pemda menyalurkan hewan kurban melalui Kesra, tapi dari Kesra kali ini tidak ada.

“Kita tidak tahu apakah pemda ada menyumbangkan hewan kurban atau tidak karena tidak teridentifikasi. Mungkin ada satu dinas yang langsung menyerahkan hewan kurban ke masjid bisa jadi, tapi yang jelas tidak melalui Kesra. Mungkin ada juga pegawai pemda yang menyerahkan hewan kurban tapi bukan atas nama pemda melainkan atas nama pribadi,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (12/9).

Hal seperti ini sudah terjadi sejak dua tahun terakhir ini. Sementara tahun-tahun sebelumnya selalu ada. Bahkan untuk hewan kurban dari bagian Kesra mencapai puluhan ekor sapi.

Kepala Bagian Kesra Burhanuddin, saat ini tidak bisa dikorfirmasi apakah benar pemda ikut menyumbang hewan kurban tahun ini atau tidak pasalnya yang bersangkutan saat ini sedang berada di Mekkah menjalankan ibadah haji.

Disisi lain Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, mengatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dirinya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1437 H kepada seluruh umat muslim yang ada di di Anambas khususnya yang hadir dalam salat Ied berjamaan di lapangan Sepak Bola Sulaiman Abdullah Senin (12/9) pagi.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas kami mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1437 H,” ungkapnya singkat sebelum menjalankan shalat ied berjamaah,” ungkapnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar