Jika Terpilih jadi Gubernur DKI, Ini Program yang Ditawarkan Rizal Ramli

404
Pesona Indonesia
Menko Maritim Rizal Ramli. Foto: rmol
Mantan Menko Maritim Rizal Ramli. Foto: rmol

batampos.co.id – Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli, telah menawarkan program unggulannya bila dipercaya untuk memimpin Provinsi DKI Jakarta.

Hal itu terlihat dari solusi yang akan ia lakukan untuk mengatasi krisis air bersih di Jakarta ketika ia bertugas sebagai gubernur kelak.

“Kalau orang kaya sewa apartemen dia langsung nyedot air tanah yang kualitasnya lebih bagus,” ujarnya usai menggelar pertemuan dengan perwakilan Partai Amanat Nasional (PAN) di Kantor Ekomando, Jalan Cipinang Indah Raya 1, Kali Malang, Jakarta Timur, Selasa (13/9).

Sementara, untuk rakyat biasa, sambung Rizal, hanya memanfaatkan air yang ada di permukaan tanah. Yang kualitasnya kurang higienis akibat dari polusi.

Karenanya, Rizal berencana untuk membantu rakyat kecil mendapatkan air lebih bersih dengan menggunakan cara yang dilakukan para konglomerat.

“Nanti alat-alatnya kita bantu. Dibuat pusat distribusi air ke kampung-kampung. Kalau itu kita lakukan, biaya air bersih di kampung-kampung juga akan lebih murah,” paparnya.

Selain itu,lanjut eks Menko Kemaritiman ini, ia juga berencana membangun bak penampungan air hujan di Jakarta. Pasalnya, menurut dia, air hujan yang sering dibuang ke laut, jika dimanfaatkan, akan lebih berguna nantinya.

“Kita akan masukkan (air hujan) ke goa-goa di bawah tanah di Jakarta. Supaya cadangan airnya semakin banyak,” tambahnya.

Lebih lanjut, Rizal mengatakan, setiap rumah warga nantinya juga wajib membuat sumur resapan air hujan sendiri agar dapat meminimalisir penyakit yang diderita rakyat kecil akibat air yang dikonsumsi kurang steril. (uya/JPG)

Respon Anda?

komentar