Pemulangan Jamaah Haji Hari Pertama Langsung Dua Kloter

570
Pesona Indonesia
Jutaan umat Islam dari berbagai negara melaksanakan rangkaian ibadah haji di Masjidil Haram, Mekkah. Foto: istimewah
Jutaan umat Islam dari berbagai negara melaksanakan rangkaian ibadah haji di Masjidil Haram, Mekkah. Foto: istimewah

batampos.co.id  – Ada yang berbeda pada proses pemulangan jemaah haji embarkasi Batam, Minggu (18/9) mendatang. Kepala Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Marwin Jamal menerangkan, nantinya kepulangan rombongan pertama akan diantar dua pesawat sekaligus dalam sehari.

“Kepulangan pertama tanggal 18 September. Langsung ada dua pesawat yang masuk ke Batam dengan selisih 10 jam penerbangan. Pertama masuk jam delapan pagi, kemudian masuk lagi satu pesawat jam enam petang,” terang Marwin, kemarin.

Pada mulanya, Marwin menyebutkan agak terkejut mengenai perubahan proses kepulangan semacam ini. Pasalnya, kata dia, umumnya dalam sehari hanya ada satu pesawat kepulangan dari tanah suci. Tapi, khusus untuk rombongan pertama jamaah haji embarkasi Batam pada hari pertama langsung diantar dua pesawat sekaligus.

“Mungkin terjadi penumpukan di terminal di sana. Jadi biar mengurangi kepadatan diberangkatkan dua kloter dalam satu hari sekaligus,” terang Marwin.

Rencananya jemaah haji yang tergabung dalam kloter 1 dan kloter 2 yang bakal mengisi dua pesawat Saudi Arabia Airlines dalam sehari tersebut. Sementara untuk kloter selanjutnya, Marwin menjelaskan sebagaimana tahun yang sudah-sudah. “Selanjutnya ya tetap sehari satu pesawat. Hanya hari pertama saja yang dua pesawat sekaligus,” ungkapnya.

Karena ini merupakan momen yang tidak biasa, Marwin menjelaskan, akan segera digelar rapat teknis lanjutan bersama dengan instansi untuk membahas penyambutan ini. Baik soal tamu undangannya hingga juga pengamanannya.

“Jumat (16/9) nanti kami persiapkan dengan semua dinas yang terkait, agar proses ketibaan jemaah haji di Batam berlangsung aman dan terkendali,” pungkasnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar