Apri-Dalmasri Berbagi Cinta dengan Masyarakat Bintan

263
Pesona Indonesia
Apri dan Dalmasri menyerahkan hewan kurban kepada pengurus Mesjid Al Jihad Kampung Mentigi, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara (Binut), Senin (12/9). Foto: Humas Pemkab Bintan.
Apri dan Dalmasri menyerahkan hewan kurban kepada pengurus Mesjid Al Jihad Kampung Mentigi, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara (Binut), Senin (12/9). Foto: Humas Pemkab Bintan.

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam berbaur bersama masyarakat Kabupaten Bintan dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah (H) di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara (Binut). Kedua pemimpin itu meluangkan waktunya selama dua hari dari 11-12 September 2016 di wilayah bagian utara Kabupaten Bintan untuk menyemarakan hari bersejarah bagi umat islam tersebut.

Agenda pertama yang dilakukan Apri-Dalmasri yaitu melepaskan 1.000 peserta pawai takbir keliling di Depan Makam Pahlawan, Tanjunguban, Minggu (11/9) malam. Kemudian keesokan harinya, Senin (12/9) pagi, kedua pimpinan itu melaksanakan Salat Idul Adha bersama 15000 masyarakat yang berasal dari Kecamatan Binut, Seri Kuala Lobam (SKL) dan Teluk Sebong. Salat berjamaah yang dilangsungkan di Lapangan Bola Hang Tuah Fasharkan, Tanjunguban itu juga dihadiri SKPD, FKPD, kecamatan, kelurahan dan kades se Bintan.

Apri Sujadi berharap Idul Adha tahun ini bisa menjadi momen penting bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan. Karena dengan situasi kebersamaan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa persatuan dan perasaudaraan antar sesama.

“Kami berharap melalui hari raya kurban inilah partisipasi dari seluruh elemen masyarakat bisa terfokus secara maksimal. Dan bisa diluahkan dengan penuh semangat untuk pembangunan kabupaten agar semakin gemilang,” ujarnya.

Hari Raya Idul Adha itu merupakan hari yang bersejarah bagi umat islam di seluruh dunia. Sebagai umat yang patuh dengan penciptanya yaitu Allah Swt, banyak hal-hal penting dan positif yang dapat diambil dari momen bersejarah itu. Contohnya dengan meningkatkan dasar dari nilai keteladanan, persatuan dan persaudaraan.

Dasar dari nilai-nilai itu semua, kata dia, bisa dilakukan dengan melaksanakan ibadah haji serta ibadah menyembelih hewan korban. Sebab, ibadah memiliki kandungan dasar-dasar nilai religi yang akan meningkatkan moralitas setiap individu.

“Maknai Idul Adha ini dengan saling berbagi cinta. Karena dengan penuh rasa cinta itulah kita bisa membangun daerah ini semakin maju secara bersama-sama,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan selain Salat Idul Adha bersama masyarakat Bintan, Pemkab Bintan juga mengunjungi rumah-rumah tokoh masyarakat (tomas) di Kecamatan Binut. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mempererat tali silahturahmi antara masyarakat dengan pemerintah.

“Kami bersama masyarakat rombongan menyambangi rumah-rumah tokoh masyarakat. Semoga dengan cara ini tali silahturahmi antara masyarakat dengan pemerintah bisa terjalin dengan erat,” katanya.

Usai bersilahturahmi dengan tomas, lanjutnya, Pemkab Bintan menyerahkan hewan kurban berupa dua ekor sapi ke Mesjid Al Jihad Kampung Mentigi dan Gedung Nasional di Tanjunguban. Kemudian juga dilaksanakan acara yang sama dengan menyerahkan tiga ekor sapi lagi di masjid-masjid lainnya yang berada di kecamatan lain.

“Kami berharap dengan kurban kali ini bisa dirasakan masyarakat Bintan. Kedepannya kami akan menyerahkan hewan kurban secara menyeluruh di 10 Kecamatan se Bintan,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar