Jembatan I Dompak Tersambung

991
Pesona Indonesia
Suasana jembatan Dompak yang terus digesa pembangunannya, Minggu (4/9). Foto:Yusnadi/Batam Pos
Suasana jembatan Dompak yang terus digesa pembangunannya, Minggu (4/9). Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Jembatan I Dompak, Tanjungpinang, yang akan menghubungkan ke Pusat Pemerintah Provinsi Kepri tersebut sudah tersambung sempurna sejak, Kamis (8/9) lalu. Saat ini PT. Wijaya Karya (WIKA) selaku kontraktor menggesa pekerjaan pembangunan bentangan busur.

“Alhamdulillah Jembatan I Dompak sudah tersambung dengan baik sejak Kamis kemarin. Secara keseluruhan progres sudah mencapai 99 persen,” ujar Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Jembatan I Dompak, Rodi Yantari menjawab pertanyaan koran Batam Pos, Selasa (13/9).

Dijelaskannya, pekerjaan yang tersisa sekarang ini adalah penyelesaian bentangan busur utama dan bentangan busur yang ketiga. Lebih lanjut katanya, untuk bentangan busur utama sekarang masih dalam proses pengecoran secara bertahap.

“Untuk bentangan busur utama kita harapkan selesai dalam sepekan kedepan. Untuk bentangan yang ketiga, masih menunggu keringnya bagian jembatan yang baru selesai dicor,” jelas Rodi.

Kepala Seksi Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri tersebut juga mengatakan, apabila berkaca dari konstruksi Jembatan, pekerjaan sudah selesai 100 persen. Karena masih ada pekerjaan lain diluar itu. Yakni tiga bentangan busur beserta cable stay.

“Batas akhir perpanjangan waktu kerja sampai 31 Oktober mendatang. Melihat perkembangan yang ada sekarang, kami sangat optimis, pekerjaan ini bisa diselesaikan dengan baik,” papar Rodi.

Disinggung mengenai persiapan untuk menghadapi Hari Jadi Provinsi Kepri ke-14, Rodi mengatakan, pekerjaan yang tersisa adalah bentangan busur yang ketiga. Meskipun demikian, apabila Bapak Gubernur Kepri, Nurdin Basirun ingin menjakan kaki ataupun melakukan running test dengan kendraan dinasnya sudah bisa dilakukan.

“Bagaimana perkembangan pekerjaan di lapangan terus kami laporakan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bapak Heru Sukmoro. Kemudian Pak Kadis melanjutkan laporan tersebut kepada Bapak Gubernur,” tutup Rodi.

Seperti diketahui, Jembatan I Dompak dengan nilai kontrak Rp 312 miliar tersebut dilengkapi dengan jogging track. Karena strategisnya pembangunan yang menghubungkan Tanjungpinang dan Dompak itu, Dinas Pariwisata Kepri mencanangkan untuk diresmikan Presiden atau Wakil Presiden pada saat Festival Bahari Kepri (FBK) Oktober mendatang.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar