Kepri Harusnya Punya Badan Maritim

487
Pesona Indonesia
Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah. foto:yusnadi/batampos
Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah sangat menyayangkan tidak adanya Badan Maritim dalam daftar Perangkat Daerah yang diajukan Pemerintah Provinsi Kepri. Padahal Kepri merupakan Provinsi Kepulauan yang kaya dengan potensi maritimnya.

“Kami sangat mendukung apabila di Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru di lingkungan Pemprov Kepri nanti ada Badan Maritim-nya,” ujar Iskandarsyah menjawab pertanyaan wartawan, kemarin.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kepri tersebut, alasan utama kenapa Kepri harus memiliki Badan Maritim adalah untuk mensinergikan dengan visi dan misi Gubernur. Yakni menjadikan Kepri unggul di bidang maritim.

“Ini juga untuk menunjukan dukungan penuh Kepri terhadap program dari Bapak Presiden yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat maritim dunia,” paparnya.

Masih kata Iskandarsyah, ditingkat Pemerintah Pusat dalam kabinet kerja Presiden sudah ada Kementrian Koordinasi Bidang Maritim. Artinya, apabila Kepri memiliki Badan Maritim akan memudahkan garis koordinasi dan komunikasi menjadi terarah.

“Apabila Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) sudah linier dengan Kementerian, sudah pasti akan memudahkan dalam membangunan komunikasi dan koordinasi,” paparnya lagi.

Mantan Ketua III DPRD Kepri tersebut juga mengatakan, Kepri punya potensi sangat besar untuk memasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sumber kemaritiman seperti usaha kepelabuhaan dan labuh jangkar. Apalagi setiap hari kurang lebih ada 600 kapal tanker kecil dan besar melewati selat Malaka.

Lebih lanjut katanya, Kalau di Jawa darat bisa jadikan pundi-pundi PAD. Begitu juga Kepri, harusnya Kepri bisa menjadi laut untuk mendulang pendapatan. Apalagi kewenangan 12 mil, menjadi peluang yang sangat berharga. Ditambahkannya, meskipun tidak bisa berdiri sendiri, Badan Maritim bisa digabungkan dengan Badan Perbatasan.

Ditambahkannya lagi, apapun namanya, Bidang Maritim harus mampu menghasilkan PAD dan Lapangan kerja baru. Di tambah lagi, bapak Gubernur , Nurdin Basirun punya keunggulan dan pengalaman di Bidang Kemaritiman. Sehingga punya potensi untuk mewujudkan itu.

“Kami yakin beliau mampu menambahkan PAD Kepri melalui sektor maritim seperti BUP dan BUMD. Kita kurangi ketergantungan kita sama pusat dari dana DBH pusat,” tutup Iskandarsyah.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar