Kota Jambi Kekurangan Blangko e-KTP

354
Pesona Indonesia
seorang wanita cantik menunjukkan e-KTP. Foto: jpnn
seorang wanita cantik menunjukkan e-KTP. Foto: jpnn

batampos.co.id – Saat ini stok blangko e-KTP yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi menipis. Padahal jumlah warga yang melakukan perekaman dan pembuatan e-KTP sangat banyak.

Menurut Mulyadi Yatub, Kepala Dinas Dukcapil, pihaknya hanya mendapatkan pasokan sebanyak 5 ribu blangko e-KTP dari pusat. Sedangkan saat ini yang sudah rekam data dan e-KTP siap dicetak sekitar 18 ribuan.

Jumlah 18 ribu tersebut belum termasuk rekam data yang dilakukan saat ini, sehingga semakin banyak kurangnya blangko. ”Kita cuma dapat jatah 5 ribu dari pusat,” ujarnya seperti diberitakan Jambi Independent (Jawa Pos Group) hari ini (14/9).

Menurutnya, jumlah tersebut jauh dari cukup mengingat banyaknya e-KTP yang siap untuk dicetak. Sementara jatah blangko e-KTP dari pusat sangat terbatas. Setiap daerah yang mengajukan penambahan blangko diberikan jatah.

Ditambahkannya bahwa jatah yang diberikan untuk Kota Jambi tersebut termasuk banyak. Ini karena ada daerah lain yang mendapatkan lebih sedikit dari jatah yang didapat Kota Jambi. ”Malah ada yang cuma dapat 500, kita sudah termasuk banyak dibanding daerah lain,” sebutnya.

Menurutnya, hal ini dikarenakan kondisi di pusat yang juga belum stabil apalagi dengan adanya pemangkasan APBN yang secara tidak langsung juga berimbas kepada penyediaan blangko e-KTP. ”Saat ini untuk perekaman e-KTP masih terus berlangsung di kantor-kantor camat yang ada di Kota Jambi,” jelasnya.

Lalu, kapan ada penambahan blangko e-KTP dari pusat lagi? Dirinya mengaku belum mengetahui secara pasti. Namun yang jelas, pihaknya akan terus berusaha berkomunikasi dengan pusat untuk mendapatkan informasi.

”Kita terus komunikasi ke pusat, supaya ketika ada jatah kita kembali dapat sehingga bisa mendapatkan tambahan blangko,” tuturnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar