Prajurit TNI AL Harus Tingkatkan Pengabdian dan Amalkan Trisila

534
Pesona Indonesia
Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung melakukan pemeriksaan pasukan dalam upacara HUT ke-71 TNI AL. foto:sandi/batampos
Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung melakukan pemeriksaan pasukan dalam upacara HUT ke-71 TNI AL. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 71 TNI AL di markas komando Lanal yang diikuti oleh seluruh perwira, bintara dan juga anggota pramuka binaan TNI AL, Selasa (13/9).

”Fakta sejarah telah membuktikan. Bahkan, dengan kekuatan seadanya, para pejuang laut kita dengan militansi yang tinggi melanjutkan perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan dalam berbagai pertempuran heroik. Apa yang dilakukan oleh prajurit TNI AL merupakan tugas negara,” ujar Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung kepada koran Batam Pos usai memimpin upacara.

Untuk itu, kata Danlanal, dengan meneladani perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi generasi penerus bangsa. Artinya, untuk mencapai cita-cita yang diinginkan harus senantisa balajar dan introspeksi diri bahwa untuk meraih keberhasilan diperlukan perjuangan, usaha dan tekad yang kuat.

”Sejarah juga mencatat bahwa TNI AL senantiasa berkontribusi untuk mewujudkan tujuan nasional. Khususnya dibidang pertahanan. Untuk menujukkan komitmen TNI AL, maka pada peringatan HUT tahun ini temanya adalah adalah melalui aktualisasi nilai-nilai Trisila kita tingkatkan pencapaian tugas-tugas TNI AL dalam mendukung pembangunan nasional. Ini bukan hanya sekedar tema, namun harus dipahami dan dilaksanakan substansinya oleh seluruh jajaran TNI AL,” paparnya.

Selain menjalankan Sapta Marga, lanjut Danlanal, prajurit TNI AL juga harus memahami dan melaksanakan Trisila. Yakni, disiplin, hierarki dan kehormatan militer. Itu semua merupakan nilai luhur yang telah dijadikan pedoman dalam berpikir, bertutur dan bertindak, baik sebagai personil TNI AL dan sebagai pribadi anggota masyarakat.

Dengan dilandasi ketiga nilai tersebut tugas-tugas TNI AL dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap individu dan kolektif. Sehingga, dapat mendorong tercapainya tujuan pembangunan nasional, terutama dalam mendukung pemerintahan saat ini. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar