TNI AL Berkontribusi Dibidang Pertahanan

441
Pesona Indonesia
Peringatan Hari Jadi TNI AL di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, Selasa (13/9). foto:ist
Peringatan Hari Jadi TNI AL di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, Selasa (13/9). foto:ist

batampos.co.id – Memperingati hari jadi TNI AL ke-71 tahun ini, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, menggelar upacara bendera di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Jalan Yos Sudarso, Tanjungpinang, Selasa (13/9).

Tema HUT TNI AL kali ini yakni “Melalui Aktualisasi Nilai-Nilai Trisila, Kita Tingkatkan Pencapaian Tugas-Tugas TNI Angkatan Laut dalam Mendukung Pembangunan Nasional”. Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI S Irawan. Upacara itu sendiri diikuti jajaran TNI AL wilayah Kepri yang terdiri atas Lantamal IV, Yonmarhanlan IV, Wing Udara 2 Puspenerbal dan Rumkital dr Midiyato Suryani.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi, yang dibacakan Danlantamal mengatakan sejarah mencatat bahwa TNI AL senantiasa berkontribusi pada upaya mewujudkan tujuan nasional khususnya di bidang pertahanan. Trisila TNI Angkatan Laut, yakni disiplin, hierarki dan kehormatan militer, adalah nilai luhur yang telah dijadikan pedoman dalam berpikir, bertutur dan bertindak baik sebagai personel TNI AL maupun sebagai pribadi anggota masyarakat.

“Oleh karena itu, dengan dilandasi ketiga nilai tersebut, tugas-tugas TNI Angkatan Laut dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap individu atau secara kolektif. Keberhasilan pelaksanaan semua bentuk tugas yang dimandatkan negara secara langsung akan mendorong tercapainya tujuan pembangunan nasional terutama dalam mendukung kebijakan pemerintah saat ini,” tegas Kasal.

Dilanjutkannya, seperti diketahui bersama bahwa perkembangan kemaritiman Indonesia saat ini memasuki babak baru dengan hadirnya pemerintah yang memiliki keinginan kuat menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Gagasan ini tidak hanya ditujukan untuk mewujudkan ketahanan nasional tetapi juga ketahanan regional dan global.

“Pada konteks inilah, TNI AL berperan sebagai komponen utama pertahanan laut dan berfungsi sebagai penangkal, penindak dan pemulih. Kesemuanya harus mampu dijalankan dengan baik agar pelaksanaan pembangunan nasional terbebas dari ancaman, tantangan, gangguan dan hambatan,” sebutnya.

Upacara peringatan HUT TNI AL ke-71 merupakan acara puncak dimana sebelumnya juga telah digelar acara bhakti sosial kesehatan yang dilaksanakan oleh tim kesehatan dari Diskes Lantamal IV di Pulau Numbing, lomba dayung perahu karet antar Satker TNI Angkatan Laut wilayah Kepri dan ziarah ke Makam Pahlawan Pusara Bhakti.

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya Wadan Lantamal IV, Karumkital dr. Midiyato Suratani, Danwing Udara 2, para Asisten Danlantamal IV, dan para Kadis/Kasatker Lantamal IV serta Danyonmarhanlan IV TPI.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar