Aleksander Ceferin Terpilih Sebagai Presiden Baru UEFA

252
Pesona Indonesia
Aleksander Ceferin, presiden UEFA yang baru. (foto: skysports)
Aleksander Ceferin, presiden UEFA yang baru. (foto: skysports)

batampos.co.id – Aleksander Ceferin terpilih sebagai presiden organisasi sepakbola tertinggi Eropa (UEFA) pada Kongres Luar Biasanyang diselenggarakan Rabu (14/9).

Pria berkenangsaan Slovenia itu mengalahkan Michael van Praag dari Belanda dengan jumlah suara 42 melawan 13 dari 55 asosiasi sepakbola perwakilan.

Sebelumnya, kandidat asal Spanyol Angel Maria Villar mengundurkan diri sebagai kandidat dengan alasan ingin fokus ke Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF).

Dengan demikian, Ceferin menggantikan Michel Platini yang mengundurkan diri dari jabatan tersebut usai mendapatkan hukuman larangan terlibat dalam dunia sepak bola karena melanggar kode etik FIFA.

Keluarnya nama Ceferin sebagai presiden terpilih cukup mengejutkan, sebab ia kurang dikenal publik sepakbola Eropa karena bukan anggota komite eksekutif EUFA sampai akhirnya mengajukan diri sebagai kandidat pada Juni lalu.

“Saya bukan tipe orang yang selalu ingin tampil. Saya tidak mempunyai masalah dengan ego dan bukan jenis orang yang selalu mengumbar janji-janji tidak realistis,” ujar Ceferin sebelum pemilihan.

Dalam kampanyenya, Ceferin berjanji akan merevisi struktur turnamen Euro dengan menyebar semua pertandingan di banyak negara Eropa, dimana semifinal dan final akan dimainkan di tempat yang sama. (gbl/sam)

Respon Anda?

komentar