Bupati Bintan Belum Temukan Sosok Sekda Pengganti Lamidi

450
Pesona Indonesia
Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam menyalami Sekda Bintan, Lamidi ke Pemprov Kepri usai acara apel gabungan di Halaman Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Kecamatan Teluk Bintan, Selasa (6/9). foto:harry/batampos
Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam menyalami Sekda Bintan, Lamidi yang pindah ke Pemprov Kepri usai acara apel gabungan di Halaman Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Kecamatan Teluk Bintan, Selasa (6/9). foto:harry/batampos

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi belum menentukan sikap untuk memilih pengganti Lamidi yang resmi hengkang dari kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bintan ke Pemprov Kepri, Selasa (13/9). Apri sengaja mengosongkan kursi pegawai tertinggi di Pemkab Bintan itu untuk sementara waktu. Sebab dirinya belum menemukan sosok Pelaksana Tugas (Plt) Sekda yang tepat untuk mengemban amanah sesuai visi misinya menggapai perubahan menuju gemilang.

“Saya belum menunjuk pejabat yang akan mengganti Lamidi. Sebab belum ketemu sosok yang tepat untuk jadi Plt Sekda,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Rabu (14/9).

Walaupun kursi Sekda Bintan masing kosong, lanjutnya, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Sekda masih bisa dijalankan dan dilaksanakan oleh pejabat-pejabat lainnya. Seperti untuk mengurus administrasi pemerintahan akan dilaksanakan oleh Asisten I, Mohammad Hendri. Kemudian untuk mengurus permasalahan ekonomi pembangunan dilaksanakan oleh Asisten II, Supriyono dan mengurus masalah administrasi bersifat Umum akan ditangani oleh Asisten III, Raja Akib Rachim.

“Kan ada pejabat yang memiliki lini-lini khusus seperti yang diperankan Sekda. Jadi birokrasi di pemerintahan untuk sementara waktu akan dijalankan oleh lini khusus itu seperti Asisten I,II, dan III,” katanya.

“Mereka akan berkoordinasi dengan SKPD untuk setiap kegiatan yang ada. Sehingga roda pemerintahan bisa tetap berjalan,” akunya.

Kabag Humas Pemkab Bintan, Ronny Kartika mengatakan sesuai perintah yang diamanahkan Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam. Bahwa peran sekda untuk sementara waktu akan ditangani oleh Asisten I,II, dan III. Sebab ketiga asisten itu memiliki masing-masing bidang yang sama seperti tupoksi sekda.

“Pak Bup dan Wabup belum tunjuk sosok Plt Sekda. Jadi asisten yang ada di Pemkab Bintan yang akan melaksanakan tupoksi sekda sesuai bidang-bidangnya untuk sementara,” jelasnya.

Kepala Biro (Kabiro) Pemerintahan Pemprov Kepri, Misni mengatakan proses pemindahan kepegawaian yang dikantongi Mantan Sekda Bintan, Lamidi dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Bintan menuju Pemprov Kepri sudah dilaksanakan oleh BKD Pemprov Kepri.

“Pemindahan setatus kepegawaian Mantan Sekda Bintan itu sedang diproses BKD Pemprov Kepri. Dipastikan pekan ini juga akan selesai,” katanya.

Kata Misni, dengan pindahnya Lamidi ke Pemprov Kepri secara otomatis kursi Sekda Bintan kosong. Sedangkan untuk menunggu pemilihan sekda definitif itu perlu melalui tahapan prosesnya sehingga menelan waktu yang cukup lama. Sebab berdasarkan Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) tentang penetapan dan pelantikan sekda kabupaten/kota wajib melalui seleksi terbuka yang dilaksanakan panitia seleksi (pansel). Setelah sosok sekda terpilih, hasilnya akan diserahkan ke Pemprov Kepri lalu
dikirim ke Pemerintah Pusat.

“Kita minta kepala daerah Kabupaten Bintan segera menunjuk atau menentukan penggantinya Lamidi untuk sementara waktu atau Plt Sekda Bintan,” tegasnya.

“Jangan ada alasan menunggu pemilihan sekda definitif dulu. Waktunya sangat lama dan gak mungkin kursi sekda kosong selama itu,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar