Gasing dan Langlang Buana Ditetapkan Jadi WBTB Indonesia

288
Pesona Indonesia
Iskandar bermain gasing berembang di lapangan Pamedan Tanjungpinang, belum lama ini. Foto:Yusnadi/Batam Pos
Iskandar bermain gasing berembang di lapangan Pamedan Tanjungpinang, belum lama ini. Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Gasing Kepri dan langlang buana seni pertunjukkan dari Natuna, ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia oleh tim ahli yang diketuai DR Pudentia MPSS di Jakarta.

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri yang wilayah kerjanya mencakup empat provinsi, yakni Kepri, Riau, Jambi, dan Bangka Belitung (Babel) mengusulkan 21 karya budaya untuk dijadikan WBTB Indonesia.

Dua diantaranya dari Kepri, yakni gasing dan langlang buana. Sedangkan yang lainnya, seperti Randai Kuantan, belian, badeo, nyanyian panjang, dan klasing gong dari Provinsi Riau serta sejumlah tarian dari Jambi dan Babel.

“Total ada 21 karya budaya yang mencakup Kepri, Riau, Jambi, dan Babel,” kata Hendri Purnomo, koordinator WBTB, BPNB Kepri,
Rabu (14/9).

Sementara itu Kasi Pengkajian Dinas Kebudayaan Kepri, Syahrial Desa Putra menyebutkan, setiap tahunnya jumlah karya budaya
dari Kepri yang ditetapkan jadi WBTB Indonesia semakin bertambah.

Pada tahun 2015, kata Syahrial, ada tiga karya budaya Kepri yang ditetapkan jadi WBTB Indonesia, yakni joget dangkong dari Karimun, teater bangsawan di Lingga, dan tudung manto dari Lingga.

“Kami akan terus berjuang agar khazanah budaya Melayu Kepri diakui nasional,” ungkapnya. (cca/bpos)

Respon Anda?

komentar