Jalanan Batam Diperlebar, Sebagian Hanya Disemen

627
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: JPNN
Ilustrasi. Foto: JPNN

batampos.co.id – Kondisi jalanan di Batam terlihat belang pasca dilebarkan. Sebab, ruas jalan yang dilebarkan tidak langsung diaspal, melainkan disemen hingga adanya anggaran tahun 2018 nanti.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengakui pihaknya baru bisa menyemen sebagian ruas jalan yang telah dilebarkan. Pengaspalan baru dilakukan setelah seluruh jalan di Kota Batam diperbaiki dan dilebarkan.

“Kita semen dulu, aspal pasti kita lakukan. Tapi bukan sekarang. Kita akan lakukan secara bertahap, kalau kita lakukan sekarang nanti tidak sama tinggi” ujar Rudi usai meninjau perbaikan jalan di Nagoya, Jodoh hingga Batamcenter, kemarin pagi.

Ia mengatakan antara aspal dan semen tak bisa menyatu sehingga terlihat belang. Namun saat anggaran untuk pengaspalan keluar, ia akan langsung mengaspal seluruh jalan, termasuk aspal jalan lama.

“Anggarannya belum keluar. Nanti kita aspal bertahap dengan pelebaran jalan di 2015. Kemungkinan kita mulai aspal 2018 atau 2019 nanti. Kita buka semua baru diaspal,” terang Rudi.

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah fokus menggesa pelebaran jalan di kawasan Nagoya, Jodoh hingga Batamcenter. Hingga kini pengerjaan masih 56 persen. Kontraktor harus mengejar waktu, lantaran akhir November harus selesai.

“Kontraktor menyanggupi, kalau tidak akhir November atau awal Desember harus selesai,” jelas Rudi.

Dikatakannya, saat ini pelebaran jalan di Simpang Kawi hingga Simpang Telkom masih dalam tahap pengerjaan baru miring.

Hal itu dilakukan karena posisi jalan berada diatas komplek ruko di kawasan Serayabawah. Sementara jalan dari Simpang BNI Batamcenter hingga Bundaran Madani sudah tahap semenisasi.

“Kalau sudah mengecor jalan itu tak memakan waktu lama. Kita gesa terus, agar selesai tepat waktu untuk proyek anggaran tahun ini,” harap Rudi.

Sementara tahun depan, Rudi sudah merencanakan pelebaran jalan dari bundaran Madani ke sepanjang Jalan Engkuputri. Yang kemudian dilanjutkan dari Simpang Telkom menuju Simpang BNI Batamcenter dan jalan di Tanahlongsor.

“Kita lanjutkan proyek ini, beberapa anggaran sudah ada penghematan. Termasuk pemangkasan honor untuk kegiatan PNS,” sebut Rudi. (she/koran bp)

Respon Anda?

komentar