Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

batampos.co.id – Mantan Bupati Ogan Ilir (OI) Ahmad Wazir Noviadi alias Ofi yang divonis menjalani rehabilitasi enam bulan atas kasus penyalahgunaan narkoba. Rabu (14/9) kemarin pagi, Ofi sudah bisa langsung bebas. Karena ia sudah menjalani rehabilitasi sejak ia ditahan Badan Narkoba Nasional (BNN) Provinsi Sumsel.

Bersama penasehat hukumnya, Ofi pun sedang berupaya agar bisa memimpin kembali berkuasa di Ogan Ilir. Namun keinginan Ofi tersebut mendapat penolakan keras.

Salah satunya dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ia menegaskan menolak keras Ofi menjadi orang nomor satu kembali di OI. Sebab, dia tertangkap tengah mengonsumsi narkoba di rumahnya dan itu masuk pelanggaran berat.

Kata Mendagri, vonis rehab 6 bulan sudah menunjukkan kalau Ofi adalah pengguna. Itu bukan berarti setelah rehab dia bisa menjabat bupati kembali. “Wong dia itu, pengguna. Ya sudah. Pejabat negara mengambil keputusan. Nggak ada aturannya (bisa jabat bupati OI lagi).”

Menyinggung soal putusan Hakim PTUN DKI yang malah mengembalikan jabatan Ofi, kata Mendagri, silakan PTUN. “Kami sudah banding,” ujarnya.

“Kami nggak (menerima), kami tetap (pada aturan), kami prinsip (pecat). Iya dong, prinsip sudah kami teken, makanya kami banding (pengadilan tinggi).

Bagaimana jika terdakwa tetap menang di tingkat banding atau kasasi? Sehingga hakim memerintahkan mendagri mengembalikan jabatannya? “Ya terserah, tapi kan (tergantung) masyarakatnya.”(jpg)

Respon Anda?

komentar