Anambas Kembali Raih Most Popular Hidden Paradise

1309
Pesona Indonesia
Pulau Bawah, Anambas. foto:syahid/batampos
Pulau Bawah, Anambas. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Potensi pariwisata di Anambas kembali mendapat pengakuan dari pemerintah pusat. Pulau Anambas masuk sebagai kategori I Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise) versi laman yang concern pada pariwisata yang bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Anambas pun masuk pada urutan nomor satu mengalahkan sembilan daerah kepulauan lain yang ada di Indonesia. Penyerahan penghargaan tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat
(16/9) di Jakarta.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, mengatakan untuk menghadiri acara tersebut, harus ada dua perwakilan pejabat Anambas. Oleh karenanya dirinya mengutus Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Augus Raja Unggul dan Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Kepulauan Anambas Iwan Kurniawan Roni untuk menghadiri malam penghargaan yang dikemas dalam Anugerah
Pesona Indonesia 2016 di Jakarta.

“Bila tidak ada halangan, beliau yang akan diutus untuk menerima penghargaan tersebut. Kebetulan ada beberapa hal yang perlu
disinkronisasikan berkaitan dengan pariwisata di Anambas dengan Pemerintah Pusat,” ungkapnya Kamis (15/9).

Dengan mendapatkan anugerah tersebut pihaknya sangat mengapresiasi penghargaan itu. Penghargaan ini pun, selain menjadi peluang positif untuk mengembangkan pariwisata Anambas ke depan, juga merupakan tantangan bagi daerah untuk meningkatkan infrastruktur khususnya yang berkenaan dengan sisi pelayanan dan kenyamanan kepada wisatawan.

“Tentunya kami menyambut baik. Artinya, ada peluang untuk kami agar menarik para wisatawan. Di satu sisi ini merupakan tantangan juga dalam menghadirkan infrastruktur yang juga menjadi poin penting,” ujarnya Rabu (14/9).

Sementara Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris, mengapresiasi penghargaan tersebut. Menurutnya ini pembuktian bahwa potensi Anambas telah mendapat tempat di level Pemerintah Pusat. “Paling tidak ini menjadi salah satu bukti, tinggal bagaimana peluang ini bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Ia pun akan membentuk tim percepatan pembangunan pariwisata dalam waktu dekat ini. Tim yang terdiri dari dinas terkait. Target memajukan potensi pariwisata Anambas kedepan juga ada. “Ini yang menjadi fokus kami kedepan. Memang targetnya berat terlebih bagi dinasnya,” ungkapnya.

Selain Anambas, Pulau Berhala di Serdang Bedagai Sumatra Utara, Pulau Karampuang Mamuju Sulawesi Barat, Pulau Maratua Berau Kalimantan Timur, Pulau Pahawang Pasawaran Lampung, Pulau Sangiang Serang Banten, Pulau Sebuku Kotabaru Kalimantan Selatan, Kepulauan Kei Maluku Tenggara Maluku, Kepulauan Mandeh Pesisir Selatan Sumatra Barat, Kepualuan Togean Tojo Unauna Sulawesi Tengah juga masuk dalam ketegori I surga tersembunyi terpopuler. Untuk Provinsi Kepri, Kabupaten Bintan juga masuk dalam kategori spot diving terpopuler dan Tanjungpinang pada kategori festival terpopuler.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar