Cadas! Kakek 74 Tahun Gowes Keliling Indonesia dan 3 Negara

341
Pesona Indonesia
Mbah Tik. (foto: btp)
Mbah Tik. (foto: btp)

batampos.co.id – Umur yang sudah terbilang uzur bukanlah halangan bagi Slamet Sutikno untuk melakukan sesuatu yang luar biasa.

Di usianya yang kini menginjak 74 tahun, pria yang akrab disapa Mbah Tik itu sudah mengelilingi Indonesia dan melancong ke tiga negara selama 2016 dengan mengendarai sepeda ontel.

Kamis (15/9), pria asal Desa Sutodjajon, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang tersebut singgah di Bontang, Kalimantan Timur. Mbah Tik mengaku sudah melancong ke Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam pada Februari lalu.

“Banyak manfaatnya. Selain sehat, banyak saudara dan kawan. Jadi, tujuan saya ingin membudayakan ngontel demi kesehatan dan banyak kawan. Dengan tertib lalu lintas dan bersih dari narkoba,” ujarnya.

Pria kelahiran Sutodjajon, 3 November 1942 itu sempat diboyong dan diantarkan Bontang Onthel Community (BOC) serta Aremania Bontang ke Kantor Wali Kota Bontang.

Mbah Tik disambut hangat Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase. Mbah Tik mengaku hobinya itu berawal dari bersepeda ke Surabaya sebanyak lima kali. Setelah itu, dia lima kali nggowes ke Mojokerto dan sering pulang pergi ke Blitar. Mbah Tik juga sudah mengelilingi Jawa.

“Lalu mendapat undangan ke Bali pulang pergi delapan hari. Undangan Wali Kota Semarang pulang pergi enam hari. Setelah itu baru optimistis ke Sabang dan bisa. Teman-teman saya ajak enggak ada yang berani. Akhirnya saya sendirian,” tuturnya.

Dalam perjalanan, Mbah Tik hanya membawa bekal seadanya. Bagian belakang sepeda tersemat bendera merah putih. Di bagian belakang sepeda ada wadah pakaian, perlengkapan service, dan benda yang sekiranya diperlukan selama perjalanan.

“Saya makan bawang putih satu siung tiga kali supaya tenaga fit. Alhamdulillah berangkat sejak 7 Februari sampai sekarang belum pernah sakit. Paling berkesan di sini (Bontang). Teman-teman Onthel dan Arema sambutannya meriah,” ungkapnya. (prt/jpnn)

Respon Anda?

komentar