Dana Deklarasi dan Repatriasi Sudah Rp 500 Triliun

503
Pesona Indonesia
Tagline Tax Amnesty. Foto: http://www.pajak.go.id/amnestipajak
Tagline Tax Amnesty. Foto: http://www.pajak.go.id/amnestipajak

batampos.co.id – Pemerintah masih optimistis terhadap penerapan kebijakan tax amnesty.

Seskab Pramono Anung menjelaskan, pihaknya mendapat update setiap hari dari ditjen pajak mengenai pemasukan tebusan yang diperoleh maupun deklarasi pajak.

’’Update terakhir kemarin (14/9/2016) Rp 19,4 triliun (tebusan),’’ ujarnya saat acara membuka sosialisasi tax amnesty di lingkungan Setkab, Kamis (15/9/2016).

Data tersebut memang berbeda dengan angka yang terpublikasi oleh Ditjen pajak. Ditjen Pajak mempublikasikan angka tebusan Rp 11,2 triliun. Sebab, ada selisih waktu tiga hari untuk menyetor, verifikasi, hingga finalisasi sebelum diumumkan. Angka Rp 19,4 triliun itu adalah yang dilaporkan disetor.

Sementara, nilai deklarasi dan repatriasi sendiri berdasarkan dashboard Ditjen Pajak mencapai Rp 483 triliun.

’’Jadi angka kita (saat ini) saya yakin sudah tembus Rp 500 triliun,’’ lanjut mantan Sekjen PDIP itu. Sebagian besar berasal dari pelaku usaha, terutama pengusaha kelas kakap.

Pramono menuturkan, selain penerimaan negara, pemerintah mendapatkan manfaat lain dari tax amnesty yang sifatnya jangka panjang. Manfaat itu adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. ’’Tax-base semakin luas, dan SPT meningkat luar biasa,’’ ucapnya.

Dia menambahkan, pemerintah siap menjelaskan kepada siapapun yang masih meragukan kebijakan tersebut. Sebab, berdasarkan pantauannya, kebijakan tax amnesty disambut gembira oleh dunia usaha. Meski di awal sempat ada pesimisme, namun belakangan pelaku usaha makin antusias. (jpgrup)

Respon Anda?

komentar