Kemenkominfo Bangun BTS di Anambas untuk Buka Akses Komunikasi

370
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kabupaten Kepulauan Anambas tampaknya sudah masuk daftar perhatian Pemerintah Pusat. Melalui Kemenkominfo, Pemerintah Pusat akan membangun tower Base Transceiver Station untuk kelancaran komunikasi di Anambas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Anambas Ody Karyadi, mengatakan, pihak Telkomsel sudah melakukan survey ke beberapa desa untuk dibangun tower dan saat ini akan digesa untuk seluruh desa di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ody mengakui, Telkomsel telah bekerjasama dengan Kementrian Kominfo untuk menjalankan program Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Kemarin (Rabu 14/09) Telkomsel datang meminta blank spot area (daerah yang belum terakses) untuk menyurvei titik-titik yang layak dibangun BTS,” ungkap Ody kepada wartawan Kamis (15/9).

Sesuai arahan Presiden Jokowi, Anambas dan Natuna diprioritaskan agar semua bisa terakses. Semua tower dari pemda akan diambil alih oleh Telkomsel untuk di upgrade lagi agar kapasitasnya semakin maksimal.

Titik-titik dimana didirikannya satu unit tower BTS tergantung hasil survey, dengan kuota pengguna berkisar 300 kepala keluarga (KK). Pihaknya juga telah mendorong Telkomsel agar 52 desa yang ada di Anambas dibangun BTS.

“Kita sudah dorong Telkomsel untuk membangun BTS di seluruh desa di Anambas ini, tetapi syaratnya penduduk di desa itu harus ada 300 KK. Untuk kapasitas akan ditingkatkan secara menyeluruh 3G,” terangnya.

Ody menjelaskan, Anambas tidak hanya mendapat pembangunan BTS, Kemenkominfo juga menyalurkan paket internet untuk sekolah yang berada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita juga dapat bantuan 19 titik paket internet untuk sekolah, saat ini Kemen Kominfo lagi mengerjakan itu. Ini harus kita
apresiasi, karena wilayah Kepri ini, hanya Anambas yang dapat program itu. Jika semua sudah kelar, kita akan teleconference dengan guru-guru. Kami juga sudah beroordinasi dengan Dinas Pendidikan dan pihak kecamatan agar pembangunan paket internet itu difasilitasi,” tegasnya.

Tidak terpungkiri, Anambas merupakan Pulau Terluar dan Terdepan Bagian Barat wilayah Indonesia. Beberapa aksespun masih terbatas dan sulit dirasakan oleh masyarakat. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar