Mantan Supir Bank Swasta Divonis Empat Tahun Penjara Karena Miliki Sabu

466
Pesona Indonesia
Jumadi Kurniawan, Mantan Supir Bank Swasta Usai Menjalani Sidang Vonis Di PN Tanjungpinang, Kamis (15/9). Foto: Osias De/Batampos
Jumadi Kurniawan, Mantan Supir Bank Swasta Usai Menjalani Sidang Vonis Di PN Tanjungpinang, Kamis (15/9). Foto: Osias De/Batampos

batampos.co.id – Jumadi Kurniawan (26), mantan supir salah satu bank swasta di Tanjungpinang, yang terlibat kasus narkotika divonis empat tahun penjara oleh majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Kamis (15/9).

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah tanpa hak atau melawan hukum memilik, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan satu bukan tanaman sebagaimana dalam dakwaan pertama melanggar pasal 112 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menghukum terdakwa dengan hukuman empat tahun penjara dan denda Rp 800 juta subsider satu bulan kurungan,” ujar majelis hakim, Iriaty.

Dikatakan Iriaty, sebelum memberikan hukuman, majelis hakim mempertimbangkan hal yang meringankan dan memberatkan. Hal yang meringankan, terdakwa masih memiliki tanggung jawab dan merupakan tulang punggung keluarga.
Sedangkan hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaraaan narkoba dan perbuatan terdakwa bisa merusak generasi muda penerus bangsa.

“Sementara itu beberapa barang bukti yang didapat dari terdakwa seperti satu paket yang disimpan didalam botol bedak dan 5 paket sabu-sabu dengan berat keseluruhan 4,24 gram, dan seperangkat alat hisap sabu disita dan dimusnahkan,” kata Iriaty.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim tersebut sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rebuli Sanjaya. Atas putusan tersebut terdakwa yang didampingi Penasehat Hukumnya Sri Ernawati pun langsung menyatakan menerima.

Sekedar mengingatkan, penangkapan terhadap terdakwa berawal atas informasi dari masyarakat yang menyatakan adanya salah satu supir bank swasta di Tanjungpinang yang membawa narkoba jenis sabu. Mendapat informasi tersebut Sat Narkoba Polres Tanjungpinang langsung melakukan penyelidikan dan mendatangi tempat tersebut yang berada di parkiran Bank Panin, sekaligus melakukan penangkapan, Kamis (31/3 ) pukul 09:00 WIB.

Pada saat dilakukan penangkapan terdakwa mengakui bahwa dirinya menggunakan sabu-sabu tersebut di Hotel Karas, kamar nomor 22. Saat dilakukan penggeledahan ditemukan satu paket sabu-sabu di botol bedak dan gunting dan tidak hanya itu saja tetapi polisi melakukan penggeledahan di rumahnya juga, didapati lima paket sabu-sabu didalam laci rumah ruangan tengah, satu unit timbangan digital dan satu kantong plastik bening.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar