Bandara Sipil Ranai Bakal Beroperasi, Rute Bertambah, Tiket Lebih Murah

4863
Pesona Indonesia
Bandara Sipil Ranai. foto:aulia rahman/batampos
Bandara Sipil Ranai. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas perhubungan Pemkab Natuna Wan Siswandi mengatakan, pengoperasi Bandara sipil Ranai ditargetkan diresmikan bulan Oktober mendatang.

“Target dan harapan pemerintah daerah, bandara sipil menjadi kado hari jadi Kabupaten Natuna,” ungkap Siswandi di Ranai, Jumat (16/9).

Sebelum peresmian operasi Bandara sipil Ranai ini, kata Siswandi, saat ini dalam proses hibah, antara pemerintah daerah kepada Ditjen Udara.

“Pemda sudah menyerahkan berkas bandara sipil untuk diverifikasi. Panja DPRD juga sudah sama sama ke Ditjen udara, tinggal diverifikasi, menyesuaikan berkas dan fisik di lapangan,” kata Siswandi.

Dikatakan Siswandi, dalam proses hibah aset bandara sipil ini juga disejalankan pembentukan tim operasi bandara dalam rapat berikutnya. Bahkan penyerahan aset bandara tinggal diparipurnakan di DPRD.

“Pekan depan juga ada pertemuan panja DPRD dan Ditjen Udara, sebelum diparipurnakan,” ujar Siswandi.

Siswandi mengatakan, masyarakat memaklumi belum dioperasikan bandara sipil ini. Lantaran pembayaran piutang bandara dilaksanakan bulan Mei lalu. Sementara pengerjaan fisik sudah selesai akhir tahun 2015.

Dikatakan Siswandi, dalam pembahasan bersama ditjen udara sebelumnya terdapat usulan penambahan rute baru setelah bandara sipil beropersi. Yakni Ranai Pontinak Jakarta, Ranai Tanjungpinang Jakarta dan Natuna Jakarta.

“Tapi yang paling memungkin itu rutenya Ranai menuju Pontianak Jakarta,” kata Siswandi.

Disatu sisi sambungnya, target pemerintah membangun bandara sipil Ranai adalah menekan harga tiket yang masih hingga kini tergolong tinggi.

“Hargatiket tentu ada standar minimalnya setelah dikelola ditjen udara. Memang sekarang terbatasnya maskapai, juga digunakan batas maksimal,” kata Siswandi.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar