Plt Sekda Kepri Janji Pertahankan Prestasi dan Gesa SOTK Baru

543
Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kabupaten Bintan, Raja Muhammad Akib Rachim. foto:harry/batampos
Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kabupaten Bintan, Raja Muhammad Akib Rachim. foto:harry/batampos

batampos.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kabupaten Bintan, Raja Muhammad Akib Rachim berjanji akan mempertahankan berbagai prestasi yang pernah diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan selama ini dan menggesa pengesahaan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru bersama Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan.

“Selama saya menjabat sebagai Plt Sekda Bintan semua itu akan selesai. Sebab itu target jangka pendek saya untuk tiga bulan kedepan. Jadi dimohon dukungannya dari semua pegawai Pemkab Bintan baik yang baru dilantik maupun yang telah lama menjabat,” ujar pria yang sering disapa Akib ketika ditemui di ruang kerjanya, di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Kecamatan Teluk Bintan, Jumat (16/9).

Upaya yang akan dilakukannya untuk mempertahankan prestasi yang pernah diraih selama ini, kata dia, yang pertama dengan cara meningkatkan komunikasi maupun koordinasi setiap lini lintas sektor yang ada di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selanjutnya memperbaiki sistem administrasi pemerintahan sesuai aturan yang telah berlaku saat ini. Dengan kedua cara itu, dapat dipastikannya roda pemerintahan berjalan dengan maksimal dan tidak keluar jalur seperti yang diamanatkan undang-undang.

Sedangkan untuk SOTK baru, lanjutnya, Pemkab Bintan bersama Pansel DPRD Bintan akan terus menggesa dengan berbagai cara dan upaya agar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera mengesahkannya. Apabila usaha itu berhasil, jumlah SKPD di ruang lingkup Pemkab Bintan akan bertambah tiga dinas atau badan lagi di tahun ini.

“Sekarang kita sedang mempersiapkan pelaksanaan dari SOTK baru itu. Dimulai dari menyediakan keuangan, sistem administrasi, dan kegiatan yang akan dilaksanakan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Bintan ini.

“Kita pastikan semuanya akan berjalan sesuai visi misi bupati dan wakil bupati. Dan juga tidak akan keluar jalur dari RPJMD,” bebernya.

Ditanya kondisi defisit keuangan yang dilanda Pemkab Bintan akan mempengaruhi target jangka pendeknya?. Akib menjawab semua itu bisa diatasi walaupun pemerintah sedang mengalami krisis anggaran. Bahkan dengan adanya kebijakan pemotongan anggaran dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri terkait Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Tunda Salur (DTS) sekalipun, ia optimis sistem birokrasi di pemerintahannya tetap berjalan lancar.

“Pahit manisnya kondisi pemerintahan harus kita jalani. Kalau tidak kita akan dinilai sangat bergantung dengan dana itu. Tapi kita akan pelajari lagi teknisnya, jika dana itu semua merupakan hak kita pasti akan kita rebut,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar