Abu Sayyaf Bebaskan 3 WNI

350
Pesona Indonesia
sayaf
ilustrasi

batampos.co.id – Lagi, kelompok bersenjata Abu Sayyaf membebaskan 3 sandera warga negara Indonesia.

Ketiganya yakni

  • Theodorus Koten,
  • Emanuel Arakian Maran dan
  • Laurensius Lagadoni Koten.

Ketiganya merupakan warga Desa Latonliwo, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Mendapat informasi itu, jajaran Polres Flores Timur langsung melakukan pengawalan terhadap keluarga korban penyanderaan ini.

Kapolres Flores Timur AKBP Yandri Irsan mengatakan, Desa Latonliwo itu sangat terpencil. Perlu tiga jam dari Kota Larantuka untuk menggapainya.

“Jadi di sana itu tidak ada listrik, tidak ada jaringan handphone,” ucap dia saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (18/9) malam.

Sehingga untuk memudahkan komunikasi, mereka mesti membawa keluarga korban ke Kota Larantuka yang sudah tersentuh listrik dan sinyal handphone.

“Besok pagi anggota saya yang ada di sana akan membawa keluarganya ke Larantuka, kan sesuai perintah pak Kapolda kami harus melakukan pendampingan,” kata dia.

Mendapati kabar ketiga sandera asal Flores Timur itu dibebaskan, untuk memudahkan komunikasi maka dibawalah para keluarga ini ke kota.

Sejauh ini sambung dia menjelaskan, keluarga korban hanya mengandalkan anggota Bhabinkamtibmas Polres Flores Timur yang ada di sana guna mendapatkan perkembangan keluarganya yang disandera.

“Jadi anggota saya itu setiap jam 22.00 harus naik (menuju daerah tinggi) sekitar satu jam setengah untuk mencari sinyal dan dari kota akan memberi kabar. Baru itu diteruskan ke keluarga korban,” sambungnya.

Nah, pada Minggu (18/9) sekitar pukul 21.40 WIT, dia memberi kabar kepada anggotanya bahwa ada informasi pembebasan. Jadi besok pagi keluarga akan dibawa ke Larantuka untuk berkomunikasi seraya menunggu instruksi pemerintah.

“Kan biasanya (penyerahan sandera) dilakukan Kemenlu secara langsung, apakah dibawa ke Jakarta (keluarga korban) atau bagaimana itu kita masih menunggu kabar selanjutnya dari pemerintah pusat,” terang dia.

Diketahui, dari informasi dihimpun sebanyak tiga WNI ini telah dibebaskan kelompok Abu Sayyaf. Pembebasan usai ada pembicaraan di tingkat Kementerian Pertahanan dan angkatan darat dari Filipina. (elf/JPG)

Respon Anda?

komentar