BMH Kepri Dikukuhkan Menjadi LAZNAS

290
Pesona Indonesia
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Marwin Jamal  menyerahkan dokumen Izin Operasional untuk BMH yangdikukuhkan menjadi LAZNAZ yang diterima Umar Said selaku General Manager di Laznas BMH Perwakilan Kepri. Foto: dok. BMH
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Marwin Jamal menyerahkan dokumen Izin Operasional untuk BMH yangdikukuhkan menjadi LAZNAZ yang diterima Umar Said selaku General Manager di Laznas BMH Perwakilan Kepri. Foto: dok. BMH

batampos.co.id – Perjuangan panjang Laznas Baitul Maal Hidayatullahatau (BMH) untuk mendapatkan Surat Izin Operasional sebagai Lembaga Pengelola Zakat resmi dan berijin terwujud setelah Kemenag Provinsi Kepri mengeluarkan Surat Izin Nomor 312 Tahun 2016, Kamis (15/9/2016) lalu.

Karena cukup melelahkan, izin operasional ini begitu berkesan bagi lembaga yang dipimpin Umar Said selaku General Manager di Laznas BMH Perwakilan Kepri tersebut.

“Butuh kesabaran dan kesungguhan, serta sikap Tawakkal yang utuh kepada Allah SWT dalam mengurus urusan ummat ini,” ujar Umar.

Laznas BMH Perwakilan Kepri ini sesungguhnya telah berdiri dan diresmikan di kota Batam sejak tahun 2006. Hanya saja dengan diterbitkannya regulasi yang baru melalui UU Zakat No.23 Tahun 2011 oleh Kementrian Agama RI, mewajibkan untuk setiap perwakilan LAZ di tiap-tiap provinsi melengkapi dirinya dengan Surat Izin Operasional yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama di masing-masing provinsi dimana LAZ tersebut berada, setelah sebelumnya mendapatkan Surat Rekomendasi dari Pengurus Baznas Provinsi setempat.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Marwin Jamal trurut mengapresiasi keberhasilan BMH ini.

“BMH Kepri sepatutnya berbangga hati, karena telah berhasil menjadi Lembaga Zakat Nasional pertama yang mendapatkan Surat Izin Operasional dari Kemenag Provinsi Kepri. Semoga ini dapat menjadi preseden yang baik bagi Lembaga-lembaga lain yang berkhidmat dibidang yang sama, yang tentunya upaya ini bermuara pada terbangunnya public trust atau kepercayaan masyarakat kepada lembaga tersebut dalam hal pengelolaan dan pemberdayaan Dana Ummat,” ujar Marwin disela-sela penyerahan izin tersebut.

Laznas BMH sendiri adalah lembaga yang bergerak dalam penghimpunan dan pengelolaan dana Zakat, Infak, Sedekah, Kemanusiaandan CSR perusahaan, untukĀ  kemudian didistribusikan melalui berbagai program, diantaranya Pendidikan, Dakwah, Sosial dan Ekonomi secara nasional.

Kantor layanan BMH kini telah hadir di 29 provinsi dengan 69 kantor unit pembantu (UPP). Hal ini diwujudkan sebagai komitmen untuk menjadi perantara kebaikan, memberi kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan ibadahk hususnya Zakat, Infak dan Sedekah. Kantor Laznas BMH Perwakilan Kepri sendiri saat ini berlokasi di kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Batam, di Batuaji. (ryh)

Respon Anda?

komentar