Intip Pesona Keindahan Bahari Kepri Lewat Wonderfull Kepri Expo

912
Pesona Indonesia
Parade perahu akan memeriahkan Festival Bahari Kepri pada Oktober mendatang. foto:yusnadi/batampos
Parade perahu akan memeriahkan Festival Bahari Kepri pada Oktober mendatang. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Festival Bahari Kepri (FBK) yang merupakan rangkaian Sail Karimata 2016 akan diwarnai dengan Wonderfull Kepri Expo yang dipusatkan di Lapangan Dewa Ruci, Tanjungpinang pada 26 sampai 30 Oktober mendatang. Pada kegiatan itu nanti, panitia akan menyuguhan pesona keindahan bahari Kepri dari balik lensa.

“Wondefull Kepri Expo nanti akan kami kemas semenarik mungkin. Wisman bisa mengintip pesona keindahan bahari Kepri disetiap Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri,” ujar Koordinator WKE, Edy Sofyan, Minggu (18/9) di Tanjungpinang.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Kepri tersebut, ada beragam kegiatan pendukung lainnya. Seperti marine expo, culinary fiesta, kontes dan pameran foto bahari. Selain itu ada juga, pameran foto jejak-jejak kekayaan Melayu di Provinsi Kepri. Dijelaskannya, untuk culinary fiesta, akan menampilkan kuliner-kuliner istimewa yang merupakan ciri khas makanan tradisional Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri.

“Selain menjadi media promosi, WKE juga menjadi media edukasi bagi generasi-generasi penerus di Provinsi Kepri. Sehingga bisa menyelam lebih dalam terkait kuliner tradisional milik Kepri,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kepri, Amhar Ismail mengatakan, pihaknya akan turut memberikan ruang kepada produk-produk UKM di Provinsi Kepri untuk ambil bagian pada WKE nanti. Menurut Amhar, banyak produk UKM dari Kabupaten/Kota di Kepri yang sudah go internasional.

“Kita akan berikan ruang pada WKE nanti. Sehingga produk-produk UKM unggulan milik Kepri akan terus tersiar. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UKM Kabupaten/Kota untuk kegiatan itu nanti,” ujar Amhar Ismail.

Ditempat terpisah, Ketua Umum Festival Bahari Kepri, Naharuddin yang juga merupakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kepri tersebut mengatakan, WKE yang disiapkan pada FBK nanti, tidak lagi berbasis pada kerajinan hasil kreativitas Usaha Kecil Menengah.

“Tetapi juga menjadi media, bagi para wisatan untuk melihat pesona-pesona keindahan Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri,” ujar Naharuddin menambahkan.

Seperti diketahui, selian Wonderfull Kepri Expo, Panitia juga sudah merancang dengan matang even-even wisata yang akan dipersembahkan pada FBK nanti. Diantaranya adalah Dragon Boat Race (DBR), Festival Gurindam dan Drum Band, Wonderfull Indonesia Sailling (WIS), Panggung Penyair, Sound From Motherland of Malay, Kepri Carnival. Kemudian pada puncak kegiatan akan diwarnai dengan Parade Kapal Sungai Carang yang dikemas khusus malam hari. Selain itu ada juga permainan-permainan tradisional Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar