Pulau Nusakambangan akan Segera Dibuka untuk Umum

516
Pos Polisi Nusakambangan. (foto: jpg)
Pos Polisi Nusakambangan. (foto: jpnn)

batampos.co.id – Dalam rangka mendongrak sektor pariwisata wilayahnya, Pemerintah Kabupaten Cilacap berencana untuk membuka Pulau Nusakambangan untuk umum.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Cilacap, Murniyah, mengatakan kawasan Nusakambangan yang akan dibuka untuk umum adalah sisi timur dan barat.

Pemkab Cilacap juga sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah .

“Hasil koordinasi salah satunya menyebutkan bahwa kawasan Nusakambangan timur dan barat berada di bawah wewenang BKSDA Jateng. Sehingga upaya untuk membuka objek wisata rintisan di kawasan itu dapat dilakukan dengan persetujuan BKSDA,” kata Murniyah kepada Radar Banyumas.

Disparbud Cilacap pun berencana membuat nota kesepahaman atau MoU dengan BKSDA Jateng. Tujuannya agar wilayah Nusakambangan barat dan timur yang semula berstatus sebagai cagar alam, bisa dikonversikan menjadi kawasan wisata alam.

Murniyah menambahkan, selama ini pihaknya telah menerima masukan dari sejumlah pihak, agar kawasan Nusakambangan dikembangkan sebagai objek wisata. Sebab, popularitas Nusakambangan yang telah mendunia diyakini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berbagai daerah untuk berkunjung ke Cilacap.

Sebenarnya sudah lama Pemkab Cilacap berencana mengembangkan Nusakambangan. Namun upaya itu terbentur kebijakan pemerintah pusat.

Meski secara administratif ada di wilayah Cilacap, namun Nusakambangan statusnya berada di bawah wewenang Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sebab, di pulau itu pula ada sejumlah penjara termasuk yang berpengamanan maksimal. (rdm/jpnn)

Respon Anda?

komentar