Ini Solusi yang Ditawarkan Rizal Ramli untuk Atasi Kemacetan Jakarta

369
Pesona Indonesia
Menko Maritim Rizal Ramli. Foto: rmol
Mantan Menko Maritim Rizal Ramli. Foto: rmol

batampos.co.id – Mantan Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, mengaku sudah menyiapkan solusi untuk mengatasi kemacetan di ibu kota apabila ia dipercaya memimpin DKI Jakarta.

Menurut Rizal, masalah kemacetan pada dasarnya dikarenakan tidak adanya sistem transportasi publik yang baik. Padahal semua kota besar di dunia sudah memiliki transportasi publik yaitu subway, MRT, dan bus yang memadai.

“Pak Jokowi sudah memulai membangun subway dari selatan ke utara, tapi ini hanya satu garis saja. Jadi kalau ada 50 ribu orang naik dari selatan turun di HI, ya pasti akan macet di sana. Jadi hanya memindahkan kemacetan saja,” kata Rizal, seperti dilansir RMOL, Senin (19/9).

Rizal menambahkan, subway yang terintegrasi ini kemudian akan dibangun ring road. Sehingga memudahkan orang untuk berpindah dari satu titik ke titik lain di Jakarta. “Jika itu dilakukan, akan mengurai kemacetan di Jakarta,” sambungnya.

Subway bawah tanah memang berbiaya dua kali lipat lebih mahal ketimbang di permukaan. Tapi, kapasitas penguraiannya bisa mencapai empat kali lipat. Selain itu, ruang bawah tanah subway juga bisa diberikan kepada pedagang kaki lima dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk berbisnis.

“Seperti di Tokyo Station, di sana ada puluhan ribu UKM. Jadi UKM tidak dibuang di pojokan kota, tapi di pusat-pusat kota biar berkembang,” tandas mantan menteri yang dijuluki Si Rajawali Ngepret tersebut. (wid/rmol/jpnn)

Respon Anda?

komentar