Empat Bulan Media Center Lingga Tanpa Jaringan Internet

559
Pesona Indonesia
Media Center lumpuh karena tak ada jaringan internet. foto:hasbi/batampos
Media Center lumpuh karena tak ada jaringan internet. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Sudah 4 bulan lebih Media Center (MC) Kabupaten Lingga tanpa jaringan internet. Pascadiputusnya koneksi oleh Telkom bulan Mei 2016 lalu akibat menunggak pembayaran hutang senilai Rp 1,3 miliar, satu-satunya media bagi masyarakat untuk dapat mengakses data internet gratis dari pemerintah tidak bisa digunakan.

Selain menyulitkan masyarakat, para siswa-siswi sekolah di Kabupaten Lingga juga tidak mengakses bahan pelajaran. Selain itu, 19 kantor Pemerintahan Kabupaten Lingga sejak 4 bulan terakhir juga tak bisa mengakses internet guna kebutuhan kantor. Hal ini berbanding terbalik dengan program E Goverment yang digandang-gadang pemerintah.

“Sejak MC tak bisa mengakses data, kami sulit mencari bahan pelajaran,” kata Ina salah seorang siswa SMA di Lingga, Senin (19/9).

Hal ini juga dirasakan Fadli, warga Lingga lainnya. Kebutuhan informasi cepat semakin sulit didapat warga pesisir Kabupaten Lingga tanpa adanya jaringan internet.

“MC kadang tetap buka. Tapi untuk mengakses internet terpaksa menggunakan modem dengan jaringan yang lemot. Kita berharap, pemerintah memandang serius agar segera mengaktifkan kembali jaringan di MC,” timpalnya.

Sementara itu, Kabid Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lingga, Said Asmarfizan beberapa waktu lalu mengatakan untuk mengaktifkan kembali jaringan internet pihaknya masih menunggu pengesahan APBD-P 2016 Kabupaten Lingga.

“Kita masih tunggu pengesahan APBD-P,” tuturnya.

Ia juga membenarkan Kominfo Lingga masih menunggak hutang senilai Rp 1,3 miliar kepada pihak Telkom tahun 2015. “Untuk membayar hutang, kita tunggu audit BPK dulu,” sambungnya.

Namun begitu, Asmarfizan belum dapat memastikan kapan MC dan internet perkantoran Kabupaten Lingga kembali normal. Akibatnya, 19 kantor pemerintahan dan sejumlah titik hotspot seperti di kantor Camat, kantor Lurah, Puskesmas maupun SMA N 1 Lingga tidak dapat mengakses internet.

Selain itu, gangguan jaringan telekomonikasi provider Telkomsel yang terjadi sejak sepekan terkahir juga dirasakan warga ibukota Kabupaten Lingga. Kesulitan ini membuat warga semakin sulit mendapat informasi dan berhubungan dengan dengan dunia luar. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar