Ingin Berhenti Mendengkur? Coba 4 Tips Ini

559
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Mendengkur seringkali dianggap hal sepele dan suka dijadikan bahan lelucon. Namun, mendengkur ternyata berpotensi menimbulkan masalah yang serius.

Misalnya untuk pasangan, mendengkur sering membuat pihak yang lain tidak mendapatkan tidur malam yang baik yang akhirnya bisa menyebabkan mereka tidur dalam kamar yang berbeda.

Tidak hanya mengganggu, 75 persen orang yang mendengkur memiliki obstructive sleep apnea, yaitu ketika pernapasan terganggu saat tidur untuk jangka pendek yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dilansir laman Cheat Sheet, Senin (19/9), berikut adalah tips yang dapat membantu Anda berhenti mendengkur:

1. Tetap terhidrasi

Minum banyak air merupakan cara penting untuk mencegah mendengkur. Sekresi di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket ketika Anda dehidrasi. Hal ini bisa mengakibatkan Anda lebih banyak mendengkur. Jika Anda merasa dehidrasi di malam hari ada baiknya minum beberapa gelas air sebelum Anda tidur.

2. Menurunkan berat badan

Ekstra berat di leher Anda bisa menekan tenggorokan dan memicu dengkuran. Coba menggabungkan lebih banyak latihan dan kebiasaan makan sehat dalam rutinitas harian Anda jika Anda berpikir masalah berat badan mungkin pelakunya.
3. Ubah posisi tidur Anda

Tidur menyamping bukan dengan posisi telentang adalah obat mendengkur. Ketika Anda tidur telentang, pangkal lidah dan langit-langit lunak bisa mundur ke bagian belakang tenggorokan Anda yang menyebabkan suara bergetar.

Mengangkat kepala Anda bisa membantu mengatasi dengkuran dengan membuka saluran hidung, tetapi jika Anda mendengkur terus bahkan setelah mengubah posisi tidur, Anda mungkin memiliki apnea tidur dan harus ke dokter.

4. Membuat rutinitas tidur yang sehat

Kebiasaan tidur yang buruk bisa memperburuk dengkuran, jadi cobalah untuk mendapatkan banyak tidur setiap malam dan selalu tidur / bangun sekitar waktu yang sama. (fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar