Kemendikbud Bangun Museum Bahari di Natuna

543
Pesona Indonesia
Masjid Raya Natuna, jadi ikon kabupaten kaya migas ini. Rencananya, kabupaten ini akan dimekarkan menjadi dua. Foto: istimewa
Masjid Raya Natuna, jadi ikon kabupaten kaya migas ini. Rencananya, museum bahari dibangun di komplek masjid agung ini. Foto: istimewa

batampos.co.id – Natuna bakal memiliki museum untuk melestarikan benda cagar budaya yang kini sudah banyak rusak.

Museum yang berkonsep bahari yang dibangun Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan ini letaknya di Komplek Masjid Agung Natuna. Saat ini sudah mulai persiapan lahan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna, Agus Supardi mengatakan, museum yang dibangun menggunakan dana APBN. Tahun ini baru sebatas pematangan lahan dan pembuatan batu miring.

Museum yang dibangun, katanya, berkonsep sebagai museum bahari yang menyesuaikan kondisi alam dan geografis Natuna yang merupakan daerah kepulauan. Tentunya banyak diisi tembikar tembikar yang bersuia ratusan lahun lalu.

“Museum yang dibangun adalah museum bahari. Bangunannya juga dikonsep sepeti tiang layar perahu zaman dulu,” ujar Supardi, Senin (19/9).

Pembangunan museum bahari ,sambung Supardi, akan menyerap anggaran sekitar Rp 40 miliar. Tahun 2016 ini baru dialokasikan sekitar Rp 4 miliar untuk pemayangan lahan dan batu miring.

Sementara untuk pembangunan lanjutan, sangat tergantung pada alokasi anggaran kemendikbud yang merupakan dana tugas pembantuan ke daerah.

“Tentu karena museum ini dana tugas pembantuan kemendikbud ke daerah, realisasinya tergantung pusat. Karena pembangunan juga tidak dalam ikatan kontrak tahun jamak. Memang dalam teknis lapangan dinas pendidikan di daerah melaksanakan lelang dan pengawasan,” ujar Supardi.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar