Cagar Budaya Bawah Laut Natuna Belum Terselamatkan

607
Pesona Indonesia
USS Conestoga didasar laut.
ilustrasi.

batampos.co.id – Hingga saat ini benda cagar budaya bawah laut di Natuna yang penuh dengan peninggalan bersejarah belum terselamatkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna, Agus Supardi, mengatakan akan menetapkan beberapa lokasi cagar budaya bawah laut untuk upaya pelestarian.

Apa saja cagar budaya yang sudah diselamatkan, Agus Supardi mengaku belum dilaksanakan. Bahkan berapa titik cagar budaya bawah laut yang akan dilestarikan pemerintah daerah ia juga belum tahu.

“Peninggalan sejarah pelayaran nanti akan dilestarikan,” kata Agus supardi kemarin, namun dirinya tidak merinci berapa banyak cagar budaya bawah laut akan dilestarikan.

Seperti diketahui, Natuna menjadi persinggahan jalur pelayaran perdagangan dari daratan China ke wilayah Nusantara pada ratusan tahun lalu yang disebut pelayaran jalur sutera.

Peninggalan yang menjadi cagar budaya bawah laut ini diakui sejumlah peneliti arkeolog yang melakukan penyelaman di laut Natuna. Mereka banyak menemukan kapal-kapal dagang berusia ratusan tahun di dasar laut Natuna.

Tidak hanya kapal-kapal dari daratan Cina, namun terdapat kapal dari negara Eropa yang ditemukan karam di laut Natuna. Dengan muatan tembikar dan barang barang yang tiada ternilai, mulai peninggalan dari abad ke 9. Tidak hanya itu, peninggalan sering dijumpai warga didaratan pun tidak diselamatkan pemerintah.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar