DPRD Natuna Janji Perjuangkan Kebutuhan Pupuk Petani

1305
Pesona Indonesia
Ilustrasi pekanbarumx/jpg
Ilustrasi pekanbarumx/jpg

batampos.co.id – Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra berjanji akan memperjuangkan kebutuhan pupuk bagi petani.

“Tahun 2017 mendatang, pemerintah daerah akan sediakan pupuk untuk petani. DPRD akan perjuangkan itu,” tegas Candra di kantor DPRD Natuna, Selasa (20/9).

Menurut Candra, untuk sementara pemerintah daerah akan merencanakan melakukan pengadaan pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani lokal. Karena kebutuhan pupuk, tidak hanya diperlukan petani padi sawah, namun dibutuhkan bidang perbunan.

Dikatakannya, tahun lalu, pemeritah sudah memberikan bantuan bibit cengkeh, karet dan tanaman lain. Namun belum diimbangi bantuan pupuk kepada petani.

“Tahun depan kebutuhan pupuk akan didata, pemerintah daerah akan bantu petani,” kata Candra.

Dikatakan Candra, saat ini Natuna memang sulit mendapatkan harga pupuk subsidi. Namun hal itu bisa diatasi melalui koperasi. Petani bisa beli pupuk di koperasi dengan harga terjangkau.

Di Midai, kata Candra, koperasi membantu segala kebutuhan masyarakat hingga memenuhi kebutuhan minyak tanah.

Di Natuna sebelumnya, kata Candra, banyak koperasi yang bisa membantu kalangan petani hingga nelayan. Namun saat ini sudah jarang terdapat koperasi yang sehat.

“Dulu di Ranai ada koperasi unit desa. Tapi sekarang sepertinya sudah vakum. Kecuali yang di Midai, sampai sekarang sangat berperan,” ujar Candra.

Seperti diberitakan sebelumnya, petani padi sawah di Kecamatan Bunguran Tengah hingga saat ini mengekuhkan tinggi harga pupuk menyebabkan hasil panen tidak maksimal, ditambah lagi serangan hama yang tidak terkontrol.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar