Optimalkan Layanan Kesehatan, Dinkes Batam Kerahkan 4 Mobil Puskesmas Keliling

452
Pesona Indonesia
Puskesmas Keliling milik Dinas Kesehatan Kota Batam siap memberikan layanan kepadamasyarakat yang membutuhkan layaknya Puskesmas umumnya. Foto:  yulitavita/batampos
Puskesmas Keliling milik Dinas Kesehatan Kota Batam siap memberikan layanan kepadamasyarakat yang membutuhkan layaknya Puskesmas umumnya. Foto: yulitavita/batampos

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kota Batam mendatangkan empat mobil ambulan yang berfungsi sebagai Puskesmas Keliling, Senin (19/9/2016). Puskemsas keliling ini akan dikerahkan dalam situasi apapun untuk mengoptimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Namun, supaya efektif, keempat mobil Puskesmas Keliling itu akan dikendalikan oleh empat puskesmas di Batam. Yakni,  Puskesmas Rempangcate, Sekupang, Bulang, dan Sagulung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal mengatakan pengadaan mobil Puskesmas Keliling ini melalui e-katalog yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016. Pemerintah menghabiskan dana hingga Rp1,7 miliar untuk pembelian empat ambulan tersebut.

Mobil Puskesmas Keliling ini nantinya akan membantu pemerintah dalam menyukseskan Program Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

Misalnya ada kecelakaan ataupun masyarakat yang ingin melahirkan, mobil ini berperan seperti puskesmas pada umumnya, hanya saja dalam bentuk mobil.

“Ini bentuk pelayanan yang cepat kepada masyarakat Batam,” kata dia di halaman Dinkes Batam, Selasa (20/9/2016).

Dalam pengoperasiannya, mobil puskesmas keliling ini dilengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti, alat kesehatan, lemari obat, oksigen, wastafle, jok perawat, lampu operasi, serta full AC.

“Puskesmas berjalanlah, jadi lebih cepat dalam memberikan pertolongan pertama kepada pasien nantinya,” sebutnya.

Sebelumnya beberapa Puskesmas juga telah mendapatkan bantuan mobil serupa dari Kementrian Kesehatan pada Desember 2015 lalu. Lima mobil tersebut diberikan kepada lima puskesmas, yakni Puskesmas Sambau, Galang, Kabil, Seilekop, dan Batuampar.

Dia berharap dengan hadirnya ambulan keliling ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, begitu juga dengan kinerja petugas dilapangan.

“Intinya pelayanan,” tukasnya. (cr17)

Respon Anda?

komentar