Pemprov Targetkan Banyak Wisman yang Datang saat Festival Bahari Kepri

1524
Pesona Indonesia
Sail Karimata 2016.
Sail Karimata 2016.

batampos.co.id – Festival Bahari Kepri (FBK) yang merupakan rangkaian Sail Karimata 2016 akan berlangsung kurang dari enam pekan kedepan. Pemprov Kepri menargetkan banyak wisatawan mancanegara (Wisman) datang ke Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Biro Humas dan Protokol Provinsi Kepri akan menegakan baliho promosi di pintu-pintu masuk internasional yang ada di Provinsi Kepri.

“Tanggungjawab yang dibebankan kepada kami memang dibidang promosi dan publikasi untuk mensukseskan FBK di bulan Oktober mendatang,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Kepri, Raja Heri Mokhrizal, kemarin

Lebih lanjut katanya, dalam hal promosi pihaknya sudah memasang sejumlah baliho di Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri. Seperti Batam, Karimun dan Bintan. Selain itu juga telah menayangkan rangkaian kegiatan FBK di videotron-videotron yang ada di Kota Batam. Masih kata Heri, langkah promosi lainnya yang sudah dilakukan pihaknya adalah lewat website.

“Lewat videotron yang ada di Batam sudah sekitar sebulan yang lalu. Memang kabar ini harus disebar luaskan. Sehingga menjadi daya tarik baik wisman maupun wisatawan nusantara untuk datang ke Kepri nantinya,” jelas Heri.

Menurut Heri, pihaknya juga sudah menggandeng Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Provinsi Kepri. Karena memang kegiatan FBK nanti menjadi agenda wisata yang sangat berpotensi untuk mendatangkan wisman. Kondisi ini juga menjadi momentum bagi ASITA Kepri dalam melakukan promosi-promosi wisata di Kepri.

“Kita yakin, ASITA tentunya punya link internasional. Hanya saja memang, mereka masih menunggu adanya rundown kegiatan yang pasti. Apabila sudah ada kepastian, kami akan segera kabarkan ke ASITA,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya juga, saat ini pihaknya tengah berupaya untuk mendapatkan space di sejumlah pintu masuk internasional yang ada di Provinsi Kepri. Baik itu yang ada di Batam, Karimun, Bintan dan Tanjungpinang. Sehingga kabar kegiatan FBK terus tersiar sampai keluar negeri. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) di masing-masing Kabupaten/Kota. Sehingga bisa memasang baliho promosi.

“Masuknya wisman ke Kepri, dengan melihat informasi tentu akan membawa kabar ke negara asal wisman. Ditengah keterbatasan kemampuan, kami tentunya tetap untuk memberikan yang terbaik. Sehingga gaung FBK terus tersebar luar ke luar negeri,” tutup Heri.

Sementara itu, Ketua Harian FBK, Guntur Sakti mengatakan peran promosi menjadi faktor penentu untuk menarik wisman datang ke Kepri pada kegiatan itu nanti. Menurut Guntur, even-even yang sudah dirancang, sudah berskala internasional. Sehingga sangat disayangkan momentum ini terlewat begitu saja.

“Promosi memang harus digencarkan. Panitia sudah menggerakan semua lini dan semua link yang ada. Baik untuk domestik maupun internasional,” ujar Guntur yang merupakan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri tersebut

Seperti diketahui, panitia sudah merancang dengan matang even-even wisata yang akan dipersembahkan pada FBK nanti. Diantaranya adalah Dragon Boat Race (DBR), Festival Gurindam dan Drum Band, Wonderfull Indonesia Sailling (WIS), Wonderfull Kepri Expo, Panggung Penyair, Sound From Motherland of Malay, Kepri Carnival. Kemudian pada puncak kegiatan akan diwarnai dengan Parade Kapal Sungai Carang yang dikemas khusus malam hari. Selain itu ada juga permainan-permainan tradisional Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar