Surat Usulan Polda Kepri jadi Tipe A Sudah Diteken Mempar-RB Asman Abnur

407
Pesona Indonesia
Brigjen Sam Budigusdian. Foto: cecep mulyana/batampos
Brigjen Sam Budigusdian, Kapolda Kepri. Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Brigjen Polisi Sambudi Gusdian optimis, status Polda Kepri akan segera naik menjadi tipe A.  Pasalnya, Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur telah menandatangani surat usulan peningkatan kelas Polda Kepri dari tipe B menjadi tipe A.

“Hari ini (kemarin, red) sudah ditanda-tangani Menpan,” kata Sambudi Gusdian, Selasa (20/9/2016).

Surat itu kemudian akan diserahkan ke Kapolri. Selanjutnya Kapolri yang akan mengeluarkan keputusan melalui penetapan tipologi Polda. Ia yakin, penetapan itu tidak memerlukan waktu lama.

“Kalau melihat referensi Polda-Polda lainnya, saya rasa tidak lama. Insya Allah selesai tahun ini,” ujarnya.

Seiring dengan rencana peningkatan status itu, Polda Kepri berhasil mengantongi sertifikat internasional dari povider sertifikasi ACM yang berpusat di London. Sertifikat itu yakni Sertifikat ISO 9001 tahun 2015 untuk pelayanan Samsat dan BPKB Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri dan Sertifikat ISO 9001 tahun 2015 untuk pelayanan SIM di Kantor Satpas Polresta Barelang.

Tidak hanya Polda Kepri yang akan mengalami peningkatan status. Tetapi juga di tingkat Polres. Salah satunya, Anambas yang akan memiliki Polres sendiri. “Sebelumnya menginduk ke Polres Natuna,” tuturnya.

Peningkatan status nantinya akan diiringi dengan peningkatan personel dan peralatan. Selain itu juga ada penambahan dan penguatan dari sisi anggaran. Tak hanya itu, untuk komposisi jabatan juga berbeda. Di tipe B, Kapolda dijabat bintang satu sedangkan di tipe A menjadi bintang dua. (ceu)

Respon Anda?

komentar