Terhambat Double Shift, FDS Hanya Diuji Pada Sekolah Yang Siap

539
Pesona Indonesia

Muslim_Bidin_2_-_F_Johannes_Saragih-1batampos.co.id – Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy untuk menerapkan sistem pembelajaran “full day school (FDS)” tak cocok di Batam. Sebab masih banyak sekolah yang memakai sistem belajar “double shift” karena minimnya ruang kelas.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin sudah mengetahui instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo melalui pemberitaan. Yang mana, meminta sistem pembelajaran itu segera diuji cobakan.

“Tentang uji coba saya sudah tahu tadi pagi. Namun hal itu diuji coba bagi sekolah yang siap,” ujar Muslim di gedung DPRD Batam, kemarin.

Menurut dia, kendala penerapan FDS di Batam karena minimnya ruang kelas untuk belajar siswa. Sehingga banyak sekolah yang masih memakai sistem belajar dua kali sehari (pagi dan siang).

“Kondisi Batam tak memungkinkan. Masih banyak yang double shift,” terang Muslim.

Secara pribadi Muslim menilai rencana pemerintah pusat itu cukup bagus. Karena waktu untuk belajar anak menjadi lebih terawasi lebih lama, karena masih berada di sekolah. Apalagi, rencana itu diterapkan melihat kondisi para orang tua yang lebih banyak bekerja.

“Tujuannya memang bagus, namun kita belum siap. Tak mungkin dipaksanakan,” pungkas Muslim. (she/koran bp)¬†

Respon Anda?

komentar