Ada Ribuan Lowongan Kerja, Hari Ini Terakhir Masukin Lamaran

1029
Pesona Indonesia
Seribuan pencari kerja memadati Job fair yang digelar LP3I Kepri dan Batam Pos di Gedung Sumatera Promotion Centre, selam dua hari 27-28 Agustus 2016. Bursa kerja untuk Batam itu berhasil mengumpukan 900 pelamar di Batam. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos.
Ilustrasi. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos.

batampos.co.id – Ribuan pencari kerja mendatangi job fair yang dihelat Maxi Organizer di Hotel Sandjaja, Palembang, Sumsel, kemarin (21/9).

Calon pelamar yang datang bisa bebas memasukkan berkas lamaran sebanyak mungkin ke-13 perusahaan yang membuka lowongan kerja.

“Tidak  ada batasan untuk lamaran yang dimasukkan ke perusahaan yang hadir di lokasi job fair ini,” kata Koordinator Event Lapangan Job Fair Maxi Organizer, Tedy, yang ditemui di sela-sela pelaksanaan job fair, kemarin. Job fair ini berlangsung dua hari, akan berakhir hari ini (22/9).

Ke-13 perusahaan yang ikut dalam job fair kali ini, lanjut Tedy, mencakup perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, manufaktur, asuransi, finance, distributor, dan asuransi berskala nasional.

Sedangkan untuk target pelamar sekitar 3.500 orang. Pasalnya, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dari setiap perusahaan yang ikut cukup banyak, yakni mencapai 50-100 orang.

“Kalau memang memenuhi persyaratan yang diinginkan oleh perusahaan, bisa saja masukin lamaran lebih dari satu. Untuk seleksi calon karyawan sepenuhnya kewenangan dari pihak perusahaan. Kita hanya sebagai fasilitator saja,” urainya.

Di samping itu, untuk calon pelamar tidak dipungut biaya supaya bisa memasukkan berkas lamaran.

Hanya saja, bagi calon pelamar bisa membeli tiket masuk untuk dapat mengikuti seminar yang diadakan di lokasi job fair. “Kalau tiket seminar hanya Rp 25 ribu per orang,” tegasnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar semua calon pelamar ini dapat melengkapi berkas lamaran sebelum masuk ke ruang job fair dan menyerahkannya ke perusahaan yang diinginkan.

Sebab ini untuk mengantisipasi agar lamaran ini bisa ditindaklanjuti atau minimal nanti bisa mengikuti seleksi dari pihak perusahaan.

“Karena itu, cek ulang berkas sebelum dikirim atau dimasukkan ke perusahaan. Kalau belum lengkap dapat mengurangi kesempatan untuk bisa mengikuti seleksi tadi,” terangnya.

Agus (23), alumni universitas swasta yang ada di Jl A Yani, Plaju, mengatakan, sejak pukul 07.00 Wib dirinya dan juga temannya datang ke Hotel Sandjaja agar bisa dapat duluan.

Sekaligus juga untuk dapat mengetahui perusahaan mana saja yang berpartisipasi dalam job fair tersebut.

“Ya, siapa tahu ada yang cocok dan pas dengan jurusan dan ilmu yang saya miliki. Untuk hari ini (kemarin, red) saya sudah siapkan lima berkas lamaran,” tutup pria sembari menenteng berkas lamaran tersebut. (jpg)

Respon Anda?

komentar